Geger Korupsi Ukraina, Zelensky Larang Pejabat Keluar Negeri

Selasa, 24 Januari 2023 - 23:08 WIB
loading...
A A A
“Saya ingin meminta Anda untuk memberhentikan saya dari jabatan Wakil Kepala Kantor Presiden Ukraina atas permintaan saya sendiri,” tulis Tymoshenko dalam surat pengunduran dirinya kepada Zelensky, tanpa memberikan alasan apa pun atas keputusannya.

Dalam sebuah pernyataan yang membahas tuduhan tersebut, Tymoshenko mengatakan mobil tersebut - Chevrolet Tahoe - digunakan untuk tujuan resmi dan dia tidak pernah menyembunyikan fakta bahwa dia menggunakannya.

“Dalam beberapa bulan terakhir, saya telah mengendarai mobil ini sekitar 40.000 kilometer dalam perjalanan bisnis ke seluruh Ukraina. Saya tidak akan menggunakan mobil ini di masa mendatang,” katanya, seraya menambahkan bahwa kendaraan tersebut akan dipindahkan ke salah satu daerah garis depan, di mana akan digunakan untuk tujuan kemanusiaan dalam beberapa hari mendatang seperti dilansir dari CNN.

Dalam beberapa jam setelah pengumuman Tymochenko, lebih banyak lagi pejabat yang mengikuti jejaknya.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Viacheslav Shapovalov, Wakil Jaksa Agung Oleksii Symonenko, Wakil Menteri Pembangunan Regional Ivan Lukerya dan Viacheslav Nehoda serta Wakil Menteri Kebijakan Sosial Vitalii Muzychenko semuanya diminta untuk mengundurkan diri atau berhenti seperti beberapa pejabat regional.

Sebuah pernyataan yang diposting di situs web kementerian pertahanan mengatakan bahwa Shapovalov, sosok yang bertanggung jawab atas logistik Angkatan Bersenjata Ukraina, telah mengajukan pengunduran dirinya setelah “kampanye tuduhan” yang menurut kementerian itu tidak berdasar.

Kementerian memposting surat pengunduran diri Shapovalov secara online.

“Karena protes publik yang besar, yang sebagian besar dipicu oleh manipulasi yang tidak berdasar seputar masalah pasokan Angkatan Bersenjata Ukraina, ada risiko destabilisasi proses pasokan tentara,” bunyi surat itu.

“Ini tidak dapat diterima selama perang dengan Rusia. Dalam situasi ini, prioritasnya adalah memastikan pekerjaan yang stabil dari Kementerian Pertahanan Ukraina dan menciptakan kondisi untuk inspeksi yang transparan dan tidak memihak oleh penegak hukum dan badan berwenang lainnya,” sambungnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)