Pilot AS Ini Tembak Jatuh 4 Jet MiG Soviet dalam 35 Menit, Merahasiakannya Selama 50 Tahun

Sabtu, 21 Januari 2023 - 19:33 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 1953, Williams dianugerahi Bintang Perak, tetapi kutipan tersebut tidak merujuk pada pesawat Soviet, hanya disebut pesawat "musuh". Dan itu hanya menyebutkan tiga pembunuhan. Yang keempat tidak diketahui sampai catatan Rusia dirilis pada 1990-an.

Jadi baru pada tahun 2002, ketika catatan dibuka, Williams dapat memberi tahu orang-orang terdekatnya.

“Selama sisa karier Angkatan Laut-nya, dan selama beberapa dekade setelah pensiun, detail pertempuran udara Williams dengan MiG Soviet atas Korea Utara tetap menjadi rahasia,” kata Departemen Pertahanan AS.

“Ketika dia akhirnya dihubungi oleh pemerintah dan diberi tahu bahwa misinya dibuka, orang pertama yang diberitahu Williams adalah istrinya.”

Di tahun-tahun berikutnya, kelompok veteran yang mengetahui apa yang dia lakukan mengatakan bahwa Bintang Perak bukanlah hadiah yang cukup untuk Williams, dengan beberapa mengatakan dia harus mendapatkan penghargaan tertinggi militer—Medali Kehormatan.

Pada Desember tahun lalu, lebih dari 70 tahun setelah pertempuran udara Perang Korea, Del Toro mengatakan Bintang Perak Williams harus ditingkatkan menjadi Navy Cross.

Politisi California, Darrell Issa, yang mendorong Williams untuk mendapatkan medali yang ditingkatkan, memanggilnya "pilot Top Gun tidak seperti yang lain, dan pahlawan Amerika sepanjang masa."

“Sampai hari ini pertempuran udara AS-Soviet yang paling unik dalam sejarah Perang Dingin,” kata Issa dalam sebuah pernyataan.

“Kepahlawanan dan keberanian yang dia tunjukkan selama 35 menit yang mengerikan 70 tahun yang lalu di langit di atas Pasifik Utara dan pantai Korea Utara menyelamatkan nyawa sesama pilot, rekan sekapal, dan awaknya. Kisahnya adalah satu untuk zaman ini, tetapi sekarang diceritakan sepenuhnya," paparnya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)