Pilot AS Ini Tembak Jatuh 4 Jet MiG Soviet dalam 35 Menit, Merahasiakannya Selama 50 Tahun

Sabtu, 21 Januari 2023 - 19:33 WIB
loading...
Pilot AS Ini Tembak Jatuh 4 Jet MiG Soviet dalam 35 Menit, Merahasiakannya Selama 50 Tahun
Royce Williams, legenda pilot tempur AS yang tembak jatuh 4 jet MiG Soviet dalam 35 menit saat Perang Korea. Foto/Facebook Royce Williams
A A A
WASHINGTON - Royce Williams adalah "Top Gun" di kehidupan nyata 10 tahun sebelum Tom Cruise lahir.

Pada suatu hari yang dingin di bulan November tahun 1952, Williams menembak jatuh empat jet tempur MiG Uni Soviet—dan menjadi legenda yang tidak akan pernah didengar oleh siapa pun selama lebih dari 50 tahun.

Mantan penerbang Angkatan Laut Amerika Serikat yang sekarang berusia 97 tahun itu diberikan Navy Cross, penghargaan militer tertinggi kedua dalam sebuah upacara hari Jumat (20/1/2023) di California.

Sekretaris Angkatan Laut Carlos Del Toro mengatakan pada hari Jumat bahwa di antara banyak proposal yang telah dia tinjau untuk meningkatkan penghargaan pelaut, kasus Williams menonjol di atas yang lainnya. "Sangat jelas bagi saya bahwa tindakannya benar-benar luar biasa dan lebih dekat dengan kriteria yang menggambarkan medali yang lebih tinggi," katanya.



“Kebebasan tidak murah,” kata Del Toro. “Itu datang melalui pengorbanan semua orang yang telah dan terus bertugas di militer saat ini. Tindakan Anda hari itu membuat Anda bebas. Itumembebaskan rekan-rekan sekapal Anda di Gugus Tugas 77. Memang,itu membebaskan kami semua," paparnya, seperti dikutip CNN, Sabtu (21/1/2023).

Inilah yang dilakukan Williams untuk mendapatkan kehormatan itu.

Kalah Jumlah dan Persenjataan

Pada 18 November 1952, Williams menerbangkan F9F Panther—jet tempur pertama Angkatan Laut AS—dalam misi selama Perang Korea.

Dia lepas landas dari kapal induk USS Oriskany, yang beroperasi dengan tiga kapal induk lain dalam satuan tugas di Laut Jepang, juga dikenal sebagai Laut Timur, 100 mil lepas pantai Korea Utara.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)