Menyambut Tahun Baru Imlek 2023, Ini 5 Negara yang Miliki Tradisi Unik

Sabtu, 21 Januari 2023 - 18:06 WIB
loading...
A A A
Dalam tradisi Vietnam, terdapat mitos yang mengharuskan seseorang untuk melunasi semua utangnya, membersihkan rumah sebelum tahun baru, dan tidak diperkenankan untuk membuang apapun selama perayaan Tahun Baru Imlek.

3. Singapura

Setiap datang Tahun Baru Imlek, publik Singapura selalu berpesta habis-habisan. Salah satunya adalah melaksanakan Parade Chingay, yakni sebuah perayaan mewah yang menghadirkan iring-iringan kendaraan hias hingga atraksi penari singa atau barongsai.

Sedangkan untuk Festival Tahun Baru Imlek terbesar di negara ini adalah River Hongbao, yang diselenggarakan di lokasi berbeda di seluruh negeri setiap tahunnya.

4. Malaysia

Malaysia juga memiliki pakaian tradisional khusus Imlek, yakni cheongsam atau juga dikenal sebagai qipao. Namun bila orang tersebut tengah merayakan zodiaknya, maka akan mengenakan baju berwarna emas.

Selain itu, di Kuala Lumpur, terdapat satu buah yang istimewa untuk dijadikan hadiah ketika Tahun Baru Imlek tiba. Setiap orang nantinya akan memberikan buah nanas yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan pada saat perayaan.

5. Amerika Serikat

Tak mau kalah, Amerika Serikat juga memiliki tradisi uniknya tersendiri. Publik setempat kerap menyambut Tahun Baru Imlek dengan menggelar pemilihan Miss Chinatown.

Menurut laporan laman Chinese Parade, ajang ini telah diselenggarakan sejak tahun 1952 silam. Sedangkan untuk pemenang tahun 2022 adalah Crystal Lee. Pemenang ajang ini nantinya akan menjadi pusat perhatian dalam sebuah parade dan mendapat hadiah sebesar USD10.000 atau lebih dari Rp150 juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)