15 Perwira Tentara Ukraina Dapat Gelar Pahlawan Nasional dari Zelensky

Jum'at, 20 Januari 2023 - 19:44 WIB
loading...
15 Perwira Tentara Ukraina Dapat Gelar Pahlawan Nasional dari Zelensky
15 perwira tentara Ukraina dapat gelar pahlawan nasional dari Presiden Volodymyr Zelensky. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Konflik Ukraina dengan Rusia masih terus berlangsung di awal tahun 2023 ini.

Sebelumnya, Kremlin melancarkan invasinya ke Kiev pada 24 Februari 2022. Hampir setahun berselang, tampaknya belum ada tanda-tanda kedua negara tersebut akan segera berdamai.

Selama pergolakan panjang tersebut, telah banyak korban jiwa dari kedua belah pihak yang cukup banyak, baik dari tentara maupun warga sipil. Sepanjang konflik berlangsung, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga kerap memberikan penghargaan kepada para prajuritnya yang sudah berjuang.

Sebagai contoh, dia pernah memberikan gelar Pahlawan Ukraina kepada sekitar lima belas serdadunya yang telah banyak berkontribusi di medan perang.

Melansir laman resmi President of Ukraine, Jumat (20/1/2023), berikut lima belas tentara Ukraina yang mendapat gelar pahlawan dari Presiden Zelensky.

1. Letnan Senior Maksym Vitaliyovych Bilokon

Pertama ada seorang Letnan Senior bernama Maksym Vitaliyovych Bilokon. Dia diberikan gelar pahlawan secara Anumerta dengan jasanya selama pergolakan Ukraina dengan Rusia.

Dari sekian banyak peran, Bilokon pernah berkontribusi saat mempertahankan Cherniviv dari serangan musuh. Selain menghancurkan kelompok subversif musuh, dia bersama unitnya juga berhasil membinasakan dua tank milik lawan.

2. Sersan Muda Mykhailo Mykhailovych Nesolyony

Berikutnya ada seorang sersan muda bernama Mykhailo Mykhailovych Nesolyony. Dia diberikan gelar secara Anumerta, setelah sebelumnya gugur saat menghadapi pertempuran jarak dekat dengan pasukan musuh ketika hendak mengevakuasi warga sipil.

3. Letnan Kolonel Oleksandr Valeriyovych Kapichun

Letnan Kolonel Oleksandr Valeriyovych Kapichun dianugerahi gelar pahlawan Ukraina secara anumerta. Hal ini didasarkan pada jasanya yang berhasil menahan musuh serta menghancurkan sejumlah peralatan yang mereka miliki.



4. Oleksandr Volodymyrovych Lukyanovych

Selama pertempuran berlangsung, Oleksandr Volodymyrovych Lukyanovych berhasil menetralkan sampai 3 lusin peralatan militer milik musuh. Hal inilah membuatnya mendapat gelar pahlawan secara Anumerta.

5. Andriy Valeriyovych Nikonchuk

Nikonchuk mendapat penghargaan secara Anumerta setelah dirinya sempat melindungi HPP Kiev dari serangan udara Rusia, termasuk rentetan rudal yang mereka tembakan.

6. Letnan Vitalii Romanoviyh Sapyl

Sebagai seorang Komandan Peleton, Vitalii Romanoviyh Sapyl berhasil menghentikan sekitar 3 lusin kendaraan militer milik musuh. Sayangnya, dia harus terbunuh karena sebuah serangan udara.

Dia mendapat gelar pahlawan Ukraina secara Anumerta dari Presiden Volodymyr Zelensky.

7. Sersan Kepala Oleksiy Oleksandrovych Senyuk

Saat bertempur di Chernihiv, Oleksiy Oleksandrovych Senyuk berhasil menghancurkan dua IFV musuh serta merebut tank T-72. Akan tetapi, dia terbunuh dalam sebuah serangan udara, sehingga diberikan penghargaan secara Anumerta.

8. Letnan Vladyslav Petrovych Ukrainets

Letnan Vladyslav Petrovych Ukrainets mendapat gelar pahlawan secara anumerta karena dirinya mengulur waktu sembari membiarkan para tentara Ukraina lain mundur, tepatnya saat tentara musuh menyerang.

9. Mayor Stepan Ivanovych Choban

Pilot pesawat Su-27 ini mengalihkan perhatian musuh ke tempat lain saat perang berkecamuk. Sayangnya dia gugur dan diberikan gelar secara Anumerta.



10. Mayor Ihor Vasyliovych Mykhalchuk

Dikenal sebagai Kepala Unit Batalyon Tank, dia telah banyak berkontribusi bagi Ukraina dengan menghancurkan kendaraan lapis baja milik musuh. Sehingga Zelensky juga turut memberinya gelar pahlawan.

11. Kolonel Serhiy Mykolayovych Musienko

Berikutnya ada Kolonel Serhiy Mykolayovych Musienko. Dia adalah seorang Kepala Divisi Rudal dan Artileri Ukraina.

Dalam perannya yang menyudutkan musuh ke arah Kharkiv, dia mendapat gelar pahlawan dari Presiden.

12. Letnan Yevhen Mykhailovych Palchenko

Palchenko berhasil membuka jalan keluar bagi sebuah brigade yang terjebak di pengepungan tentara musuh. Komandan peleton tank ini tentunya juga sangat layak mendapat gelar tersebut.

13. Mayor Vladyslav Yuriyovych Prokopenko

Salah satunya jasa terbesarnya adalah kala menyelamatkan personel saat dikepung tentara musuh. Aksi heroik tersebut dilakukannya dengan sempurna dan tanpa kehilangan satu prajurit pun.

14. Letnan Kolonel Pavlo Yuriyovych Fedosenko

Letnan Kolonel Pavlo Yuriyovych Fedosenko merupakan Kepala Unit Brigade ke-92 Ukraina. Dia mendapat gelar pahlawan atas jasanya mempertahankan wilayah Kharkiv yang cukup efektif.

15. Letnan Senior Dmytro Petrovych Chavalakh

Terakhir ada Chavalakh. Dia diganjar gelar pahlawan Ukraina setelah berpartisipasi dalam pertahanan bersama di wilayah Kherson.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)