India Marah Besar, Tuding BBC Lanjutkan Pola Pikir Kolonial

Jum'at, 20 Januari 2023 - 10:01 WIB
loading...
A A A
Serial ini dibuka dengan melihat kembali tuduhan bahwa Modi gagal mencegah pembantaian ratusan Muslim pada tahun 2002.

Modi adalah Kepala Menteri negara bagian Gujarat ketika satu kereta yang membawa peziarah Hindu diserang massa Muslim sebelum terbakar, menewaskan 59 orang.

Gelombang pembalasan menyusul, dengan umat Hindu menggeledah masjid dan membunuh umat Islam. Setelah beberapa pekan kerusuhan, 1.044 orang tewas, sekitar tiga perempatnya Muslim.

Meski Modi dituduh membiarkan kekerasan mengamuk, dia dibebaskan pada tahun 2012 dari keterlibatan apa pun setelah penyelidikan oleh Mahkamah Agung India.

Pengadilan menolak banding terhadap pembebasan Modi tahun lalu, memutuskan kasus itu "tidak pantas" dan diajukan keluarga almarhum politisi oposisi "untuk desain tersembunyi."

Kontroversi atas film dokumenter BBC itu melibatkan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, yang merupakan keturunan India.

Diminta pada Rabu untuk mengutuk "keterlibatan Modi dalam pembantaian Gujarat" oleh anggota parlemen Pakistan-Inggris Imran Hussain, Sunak menyatakan dia “tidak setuju sama sekali dengan karakterisasi" Modi yang dikemukakan Hussain.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)