India Marah Besar, Tuding BBC Lanjutkan Pola Pikir Kolonial

Jum'at, 20 Januari 2023 - 10:01 WIB
loading...
India Marah Besar, Tuding BBC Lanjutkan Pola Pikir Kolonial
Cuplikan film dokumenter BBC tentang pemerintahan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi. Foto/bbc
A A A
NEW DELHI - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) India mengutuk keras BBC karena dianggap menyiarkan "propaganda" tentang Perdana Menteri (PM) Narendra Modi.

Film dokumenter BBC tersebut berfokus pada tuduhan bahwa pemerintah Modi mendiskriminasi umat Islam. Film itu juga menuduh PM mungkin berperan dalam memicu kerusuhan etnis pada tahun 2002.

“Izinkan saya memperjelas bahwa kami pikir ini adalah bagian propaganda yang dirancang untuk mendorong narasi tertentu yang didiskreditkan,” tegas juru bicara Kemlu India Arindam Bagchi kepada NDTV pada Kamis (19/1/2023).

Dia menambahkan, “Bias, kurangnya objektivitas dan, sejujurnya, pola pikir kolonial yang berkelanjutan, terlihat jelas.”

“Jika ada, film atau dokumenter ini adalah cerminan dari agensi dan individu yang menjajakan narasi ini lagi,” lanjut Bagchi.



“Itu membuat kami bertanya-tanya tentang tujuan dari hal ini dan agenda di baliknya serta terus terang kami tidak ingin menghargai upaya tersebut,” pungkas dia.

Episode pertama dari dua bagian film dokumenter BBC berjudul “India: Pertanyaan Modi” ditayangkan pada Selasa.

Film itu menggambarkan kebangkitan Perdana Menteri Hindu ke tampuk kekuasaan dengan fokus pada kebijakannya terhadap minoritas Muslim India.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)