3 Jet Tempur Rusia yang Pernah Digunakan Membombardir Pemberontak Suriah

Senin, 10 Oktober 2022 - 16:30 WIB
Formasi Su-34 menyergap posisi pemberontak dengan bom berpemandu. Sedangkan untuk tipe yang dilengkapi rudal udara digunakan untuk berpatroli di wilayah udara Suriah.

2. Su-35

Berikutnya ada Sukhoi Su-35. Angkatan Udara Rusia pertama kali menerjunkan jet tempur ini di Suriah pada awal tahun 2016.



Dikutip dari laman Military Watch Magazine, kala itu tujuan pengerahan pesawat ini adalah sebagai untuk mendukung keamanan anti-pesawat di wilayah sekitar.

Dalam misi tersebut, Su-35 dibekali rudal udara yang dipandu radar aktif R-77. Lebih lanjut, pengerahan jet tempur canggih ini juga digunakan untuk menghadapi F-16 Fighting Falcons milik Turki.

Dalam hal ini, tugas Su-35 adalah mencegah jet tempur Turki menyerang militer Suriah ataupun memberi bala bantuan kepada oposisi. Hal ini menjadi salah satu bentuk intervensi militer Rusia dalam perang Suriah.

3. Su-24

Jet Rusia Su-24 menjadi salah satu alat tempur yang pernah digunakan di Suriah. Dikutip dari laman Military Watch Magazine, sejak produksi tahun 1967, Su-24 menjadi andalan sebagai pesawat pemboman ringan Moskow.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More