Kremlin: Vladimir Putin-Xi Jinping Akan Bahas Ukraina dan Taiwan

Rabu, 14 September 2022 - 20:05 WIB
Kremlin: Vladimir Putin-Xi Jinping Akan Bahas Ukraina dan Taiwan. FOTO/Reuters
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping akan membahas Ukraina dan Taiwan pada pertemuan di Uzbekistan, Kamis (15/9/2022). Menurut Kremlin, pertemuan kedua pemimpin akan memiliki "signifikansi khusus" mengingat situasi geopolitik.

Xi akan meninggalkan China untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun untuk perjalanan minggu ini ke Asia Tengah, di mana dia akan bertemu Putin. Pertemuan itu terwujud hanya sebulan sebelum dia ditetapkan untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin China paling kuat sejak Mao Zedong.



"Para presiden akan membahas agenda bilateral dan topik utama regional dan internasional," kata ajudan Kremlin, Yuri Ushakov pada briefing di Moskow, seperti dikutip dari Reuters.

"Tentu saja, mereka akan memberikan penilaian positif tentang tingkat kepercayaan tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam kemitraan strategis bilateral," tambahnya.



Kemitraan "tanpa batas" yang semakin dalam antara negara adidaya China yang sedang bangkit dan raksasa sumber daya alam Rusia adalah perkembangan geopolitik yang disaksikan Barat dengan cemas.



Pertemuan itu akan memberi Xi kesempatan untuk menggarisbawahi pengaruhnya, sementara Putin dapat menunjukkan kecenderungan Rusia terhadap Asia; kedua pemimpin dapat menunjukkan penentangan mereka terhadap Amerika Serikat seperti halnya Barat berusaha untuk menghukum Rusia atas apa yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina.

China adalah pembeli minyak terbesar Rusia, salah satu sumber utama pendapatan untuk kas negara Moskow. Rusia juga berusaha untuk meningkatkan penjualan gasnya ke China dan membangun jaringan pipa baru ke negara itu karena pasokan gasnya ke Eropa telah dibatasi secara signifikan di tengah kebuntuan di Ukraina.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More