Penggerebekan Rumah Trump Berbuntut Panjang, Masih Belum Jelas Apa yang Dicari FBI

Selasa, 16 Agustus 2022 - 08:47 WIB
Deskripsi ini tidak jelas dan dapat merujuk, misalnya, pada korespondensi mantan presiden dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, yang kemungkinan akan menyebutkan senjata-senjata ini.

“Kumpulan dokumen yang diambil dari Mar-a-Lago oleh Arsip Nasional pada Januari memang berisi surat-surat ini,” ungkap laporan Washington Post pada saat itu.

Trump sendiri telah menggambarkan penggeledahan itu sebagai "serangan," dan "senjata sistem peradilan," dan telah meminta Jaksa Agung Merrick Garland merilis semua dokumen yang mengizinkan penggeledahan.

Garland secara pribadi menyetujui surat perintah penggeledahan, yang mengizinkan agen untuk mencari setiap dan semua "bukti, selundupan, hasil kejahatan, atau barang lain yang dimiliki secara ilegal" oleh mantan presiden Trump.

Anggota parlemen dari Partai Republik menuntut agar surat pernyataan yang digunakan untuk mendapatkan surat perintah dibuka segelnya, untuk "menunjukkan bahwa ini bukan hanya ekspedisi memancing."

Dalam pernyataan yang mengutuk penggerebekan itu, Trump mengatakan, “Serangan seperti itu hanya bisa terjadi di negara-negara Dunia Ketiga yang rusak,” bahasa yang digaungkan anggota parlemen konservatif, pakar dan komentator.

Banyak dari tokoh-tokoh ini memandang penggerebekan itu sebagai upaya pemerintahan Presiden AS Joe Biden mendakwa Trump dengan kejahatan untuk mencegahnya mencalonkan diri pada 2024.

Direktur FBI Christopher Wray bersikeras, "Serangan terhadap integritas FBI seperti itu mengikis rasa hormat terhadap aturan hukum."

Wray menambahkan, “Ancaman kekerasan terhadap agennya harus sangat memprihatinkan bagi semua orang Amerika.”

Pada hari-hari setelah penggeledahan Mar-a-Lago, seorang pria bersenjata berusaha memasuki kantor FBI di Cincinnati, Ohio, dan ditembak mati setelah terjadi pengejaran mobil dan baku tembak dengan petugas polisi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More