Drone Misterius Jatuh di Rumania, Diduga Buatan Rusia

Selasa, 15 Maret 2022 - 10:27 WIB
Bistrita-Nasaud berada di sisi selatan pegunungan Carpathian, sekitar 100 kilometer dari perbatasan Rumania dengan Ukraina barat, dan tidak jauh dari zona pertempuran.

Pasukan Rusia memasuki Ukraina bulan lalu, yang disebut Moskow sebagai misi demiliterisasi dan "denazifikasi" pemerintah di Kiev. Ukraina menuduh Rusia melakukan serangan yang tidak beralasan.

Tidak jelas dari mana drone itu berasal, atau bagaimana drone itu bisa lolos dari pertahanan udara Rumania, anggota kunci NATO di Eropa tenggara.

Penemuan pada Senin adalah kedua kalinya dalam waktu kurang dari sepekan saat satu drone berhasil menembus wilayah udara NATO.

Kamis lalu, satu drone tua terbang dari arah Ukraina melintasi Rumania dan Hongaria, sebelum jatuh di ibu kota Kroasia, Zagreb.

NATO mengatakan telah melacak Tu-141 selama berjam-jam, tetapi tidak berusaha menembak jatuhnya.

Berbicara pada Senin, Presiden Kroasia Zoran Milanovic mengatakan pemerintahnya adalah sekutu yang "solid dan setia" kepada NATO, tetapi pada akhirnya perlu mengandalkan pertahanan udaranya sendiri.

Menteri Pertahanan Kroasia Mario Banozi mengatakan pada Minggu bahwa Tu-141 berisi "bagian bom" dan jejak bahan peledak, menunjukkan itu bukan pesawat pengintai.
(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More