Pria Prancis Inilah yang Pasok Komponen Senjata Kimia Suriah

Senin, 27 Desember 2021 - 13:35 WIB
Para personel Organisasi Pelarangan Senjata Kimia saat melakukan inspeksi terkait dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah. Foto/REUTERS/Mohamed Abdullah/File Photo
PARIS - Seorang pria ditangkap polisi Prancis atas tuduhan memasok komponen untuk pembuatan senjata kimia di Suriah melalui perusahaan pelayarannya. Pria tersebut berkewarganegaraan Prancis-Suriah.

Sumber yang diberi pengarahan tentang kasus tersebut mengungkapkannya kepada AFP, Minggu (26/12/2021).



Pria tersebut, yang lahir pada tahun 1962 dan tinggal di luar negeri, ditangkap Sabtu di selatan Prancis.

"Dia kembali ke Prancis bersama keluarganya untuk liburan," kata seorang pengadilan yang mengetahui detail kasus itu kepada AFP, tanpa menyebutkan identitas pria tersebut.



"Dia telah ditahan atas dugaan konspirasi untuk melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan, tambahan untuk kejahatan terhadap kemanusiaan dan tambahan untuk kejahatan perang," lanjut sumber tersebut.

Dugaan kejahatan itu dimulai pada Maret 2011, awal perang saudara di Suriah dan berlanjut hingga setidaknya Januari 2018.

Menurut sumber tersebut, kejahatan itu mungkin bisa berlanjut jika dia tidak ditangkap.

"Orang ini dituduh, melalui sebuah perusahaan yang berbasis di tempat yang berbeda, di Prancis dan di Uni Emirat Arab, berpartisipasi dalam memasok sarana ke berbagai struktur negara rezim Suriah yang bertanggung jawab atas produksi senjata non-konvensional," ujarnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More