Anggota Keluarga Presiden Assad Akui Penggunaan Bom Barel di Perang Suriah

Jum'at, 19 November 2021 - 03:00 WIB
loading...
Anggota Keluarga Presiden Assad Akui Penggunaan Bom Barel di Perang Suriah
Korban perang sipil Suriah. FOTO/Middle East Monitor
A A A
DAMASKUS - Seorang anggota keluarga Presiden Suriah, Bashar Al-Assad , telah mengakui bahwa militer Suriah menggunakan bom barel terhadap warga sipil dan oposisi selama konflik yang berlangsung selama satu dekade. Ia mengatakan bahwa bom barel telah "membersihkan" Suriah.

Dalam siaran langsung di akun Facebook-nya pada hari Sabtu, Rifat Ali al-Assad—bagian dari keluarga Assad yang berkuasa—mengatakan bahwa, “kami datang dengan bom barel. Apa itu bom barel? Bagus. Berguna untuk membersihkan bumi dari serangga ini," ujarnya seperti dikutip dari Middle East Monitor, Kamis (18/11/2021).

Baca Juga: Bom Barel Bunuh 10 Pengungsi, AS Sebut Assad Biadab
Pernyataan Rifat adalah pengakuan terbuka pertama penggunaan senjata oleh rezim Damaskus. Bom barel merupakan alat peledak improvisasi dan murah yang dijatuhkan dari pesawat ke area tertentu. Bom ini berbentuk tabung berisi bahan bakar, paku, potongan besi, atau bahan kimia dengan daya ledak tinggi.

Sepanjang perang saudara, rezim Suriah secara rutin menggunakannya di wilayah sipil untuk tujuan memerangi "teroris", yang terdiri dari siapa saja yang menentang kekuasaan Assad. Damaskus dan sekutunya, Moskow, telah berulang kali menyangkal kepemilikan senjata dan penggunaannya terhadap penduduk sipil.

Baca Juga: Bom barel bunuh ratusan orang, AS sebut rezim Assad barbar
Penyebutan para korban bom barel sebagai "serangga" yang telah dibersihkan oleh rezim, yang oleh para kritikus digambarkan sebagai genosida, bukanlah hal baru. Tahun lalu, Menteri Kesehatan Suriah juga tampaknya menggunakan bahasa seperti itu ketika dia mengatakan kepada TV Ikhbariya yang dikelola pemerintah bahwa tidak ada kasus Covid-19 di Suriah, karena "Tentara Arab Suriah memurnikan Suriah dari banyak kuman."

Dalam sebuah wawancara dengan BBC pada tahun 2015, Presiden Assad juga ditanya tentang penggunaan bom barel, yang dengan sarkastis dia bercanda bahwa "panci masak" dapat dijatuhkan di daerah yang dikuasai oposisi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)