Cerita Bendera Afghanistan Ganti 18 Kali, Termasuk Bendera Syahadat oleh Taliban

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 14:19 WIB
Bendera nasional Afghanistan telah berganti 18 kali dalam 100 tahun terakhir, termasuk bendera bertuliskan syahadat saat rezim Taliban berkuasa. Foto/Al Jazeera
KABUL - Bendera nasional Afghanistan telah diubah atau dimodifikasi setidaknya 18 kali selama 100 tahun terakhir. Salah satunya adalah bendera dengan tulisan syahadat saat negara itu dipimpin rezim Taliban tahun 1996.

Taliban, yang kini berkuasa kembali, bermaksud untuk mengganti bendera nasional Afghanistan dengan spanduk putih bertuliskan syahadat "Laa ilah illa Allah, Muhammad rasul Allah" (Tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah)".



Namun, upaya penggantian bendera nasional Afghanistan telah memicu protes di setidaknya dua kota Afghanistan, dengan setidaknya tiga orang tewas di kota timur Jalalabad beberapa hari lalu. Dalam sebuah video yang menjadi viral di media sosial, pengunjuk rasa di Jalalabad mencoba memasang bendera nasional Afghanistan di jembatan penyeberangan jalan yang ramai setelah diganti dengan spanduk Taliban.

Ini bukan pertama kalinya bendera Afghanistan berubah.



Sejak Emirat Afghanistan menjadi sepenuhnya merdeka dari Inggris lebih dari 100 tahun yang lalu, benderanya telah berubah setidaknya 18 kali.

Berikut kisah tentang bagaimana bendera Afghanistan telah diubah selama 100 tahun terakhir, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera:



1901-1919
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More