Berkeliaran di Atas Taiwan, 11 Jet Tempur China Lakukan Gerakan Penjepit

Selasa, 30 Maret 2021 - 22:09 WIB
Juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian menyatakan penolakan Beijing terhadap kehadiran duta besar di Taipei selama konferensi pers regulernya pada hari Senin.

"Masalah Taiwan sangat sensitif," kata Zhao, menambahkan bahwa AS harus menghentikan semua interaksi resmi dengan Taiwan.

Ketika hubungan AS-Taiwan membaik selama pemerintahan Trump, Taipei mengalami paksaan militer dari China yang tidak terlihat selama beberapa dekade. Pada tahun 2020, angkatan udara Taiwan yang menua terbang 1.000 jam ekstra untuk menghalangi pesawat PLA, bunyi sebuah laporan pemerintah yang dirilis awal bulan ini.

Anggota parlemen di negara kepulauan itu telah menyuarakan keprihatinan atas tingginya jumlah biaya yang ditimbulkan pada pilot, pesawat, dan anggaran pertahanan Taiwan.

Pada hari Senin, Wakil Menteri Pertahanan Taiwan Chang Che-ping mengatakan kepada legislator di sebuah komite pertahanan yang mendengar bahwa angkatan udara tidak lagi mengerahkan jet untuk mencegat setiap serangan PLA ke ADIZ negara itu. Pesawat dengan ancaman lebih rendah sekarang dilacak dengan rudal darat.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ian)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More