Pasukan Afghanistan Mentahkan Serangan Taliban di Kunduz

Selasa, 19 Mei 2020 - 23:50 WIB
Pasukan Afghanistan berhasil mementahkan serangan Taliban di Kunduz. Foto/France24
KABUL - Pasukan Afghanistan memukul mundur Taliban yang melancarkan serangan di Kunduz, sebuah kota strategis di Afghanistan utara yang sempat jatuh ke tangan gerilyawan dua kali di masa lalu.

"Pejuang Taliban menyerang beberapa pos pasukan Afghanistan di pinggiran kota sekitar pukul 01:00 pagi, memicu pertempuran sengit," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Afghanistan.

"Dengan dukungan angkatan udara, serangan mereka ditangkis. Sebelas Taliban tewas dan delapan lainnya cedera," sambung pernyataan itu, seraya menambahkan bahwa pertempuran itu berlangsung selama beberapa jam seperti dikutip dari AFP, Selasa (19/5/2020).

Kedua belah pihak telah berulang kali bentrok di daerah pedesaan dalam beberapa bulan terakhir, tetapi upaya untuk memasuki kota seperti Kunduz dipandang sebagai eskalasi yang serius.

"Dalam pertempuran hari Selasa, gerilyawan berhasil menangkap secara singkat pos tentara Afghanistan, menewaskan satu tentara, tetapi segera diambil kembali oleh pasukan keamanan," ujar seorang juru bicara militer di Afghanistan utara, Hadi Jamal, kepada AFP.



Taliban sendiri tidak segera dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Taliban sempat dua kali menguasai Kunduz secara singkat pada September 2015 dan sekali lagi tepat setahun kemudian.

Serangan terbaru di kota itu terjadi sehari setelah Taliban menewaskan sedikitnya tujuh personil intelijen Afghanistan dalam serangan bom mobil di provinsi Ghazni, Afghanistan timur.

Insiden ini mengikuti deklarasi Presiden Ashraf Ghani pekan lalu untuk melanjutkan serangan ofensif terhadap gerilyawan, setelah serangkaian serangan brutal. (Baca: Afghanistan Umumkan Operasi Ofensif Terhadap Taliban )
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More