5 Merek Minuman Soda Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Berusia 300 Tahun

Minggu, 29 November 2020 - 09:21 WIB
Minuman soda satu ini dibuat pada 1898 di Amerika Serikat. Penciptanya adalah Edward Charles

Edmond Barq bersama saudaranya, Gaston. Mereka awalnya bekerja di perusahaan pembotolan. Hingga

akhirnya mempelajari cara membuat minuman soda.

Minuman ini awalnya dikenal dengan sebutan root beer namun berubah nama untuk menghindari konflik dengan minuman sejenis yang lebih dulu ada. Pada 1970-an Barq meluncurkan minuman soda tanpa gula untuk pertama kali. Pada 1995 Barq kemudian dibeli oleh The Coca Cola Company.

3. Pepsi



Sebagai saingan Coca-Cola, ternyata Pepsi juga tak kalah legendaris. Pepsi dibuat pertama kali pada 1893 di Amerika Serikat. Penemunya adalah Celeb Bradham, seorang apoteker. (Baca juga: 9 Anak Bau Kencur Pendobrak Perubahan di Dunia)

Ia awalnya menyebut minuman racikannya sebagai 'Minuman Brad.' Racikan soda ala Bradham ini terdiri dari campuran gula, air, karamel, air lemon, kacang kola, biji pala dan berbagai bahan tambahan lainnya. Bradham kemudian mengubah nama minumannya menjadi Pepsi-Cola pada 1898.

Meskipun perusahaan awalnya sangat sukses, Pepsi-Cola bangkrut pada 1923. Bradham kehilangan perusahaan dan asetnya dijual kepada investor. Perusahaan akhirnya diambil alih oleh Charles G. Guth yang melakukan formulasi ulang untuk produk sodanya.

4. Coca-Cola
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :