Jenis-jenis Senjata Kimia, Efeknya Sangat Mematikan

Senin, 07 September 2020 - 08:30 WIB
Agent 15 merupakan persenyawaan 3-quinuclidinyl benzilate atau secara umum biasanya dikenal dengan BZ atau "Buzz". BZ merupakan salah satu racun kimia paling ampuh. Hanya dengan jumlah sangat kecil untuk menghasilkan cacat total pada korbannya.

Butuh waktu 1 jam untuk melihat efek yang dihasilkan oleh BZ. Gejala yang terlihat ketika seseorang terkea racun saraf tersebut antara lain kebingungan, tremor, pingsan, halusinasi, dan koma. Zat ini pernah digunakan pada perang Bosnia pada 1995. (Baca juga: Benarkah Gas Air Mata adalah Senjata Kimia dan Bisa Tingkatkan Risiko COVID-19?)

6. Phosgene



Hingga hari ini, phosgene dianggap sebagai senjata kimia paling berbahaya di dunia. Phosgene digunakan pertama kali dengan cara dicampur dengan gas klorin pada 19 Desember 1915. (Baca juga: Pengadilan Nazi Terakhir, Penjaga Kamp Konsentrasi Dibui 2 Tahun)

Saat itu, Jerman menjatuhkan 88 ton gas ini ke pasukan Inggris yang mengakibatkan 120 orang tewas dan 1.069 lainnya terluka. Selama digunakan dalam Perang Dunia I, dari seluruh korban senjata kimia, 80 % diakibatkan gas phosgene ini.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More