7 Dampak Serangan Israel ke Iran, Salah Satunya Melemahkan Sistem Pertahanan Udara

Senin, 28 Oktober 2024 - 20:10 WIB
"Ada kemungkinan analisis selanjutnya akan menunjukkan bahwa pertahanan udara Iran telah menurun, bersama dengan fasilitas peluncuran rudal, mungkin produksi pesawat nirawak," kata Savill, seraya menambahkan serangan ini "dimaksudkan untuk menunjukkan kepada Iran bahwa mereka rentan terhadap serangan lebih lanjut jika mereka mencoba membalas."

Sementara media Iran telah mengecilkan dampaknya, rezim tersebut menghadapi pilihan yang sulit dalam cara menanggapi apa yang merupakan serangan konvensional terbesar di wilayahnya dalam beberapa dekade, kata Savill.



3. Memperumit Konflik di Lebanon dan Gaza

Serangan tersebut terjadi di tengah meningkatnya ketegangan regional setelah serangan rudal Iran pada 1 Oktober terhadap Israel dan konflik yang sedang berlangsung yang melibatkan proksi Iran, termasuk Hizbullah dan Houthi.

"Iran masih terjebak dalam dilema tentang cara menanggapi pencabutan pencegahnya dalam bentuk mitra regionalnya," kata Savill, memperingatkan bahwa serangan oleh kelompok proksi masih dapat memicu tanggapan jika menyebabkan korban yang signifikan.

“Kita masih belum tahu sejauh mana elemen yang lebih agresif dalam sistem Iran mungkin menasihati Pemimpin Tertinggi, dan pelaporan media serta pengarahan pemerintah di Eropa dan Timur Tengah terus menyoroti pengaruh rahasia Iran dan perencanaan atau operasi pembunuhan.”

Intelijen Barat terus memantau aktivitas rahasia Iran, dengan sumber pemerintah Eropa dan Timur Tengah menyoroti kekhawatiran yang sedang berlangsung tentang operasi pengaruh Iran dan potensi rencana pembunuhan, kata Savill.

Meskipun pertukaran militer langsung mungkin terkendali, analis mengatakan ketegangan mendasar masih belum terselesaikan.

Isu-isu utama meliputi “kemajuan program nuklir Iran, skala ancaman terhadap Israel, aktivitas proksi lainnya, dan status sandera Israel,” menurut Savill, seraya menambahkan: “Penilaian awal mungkin bahwa ini tampak seperti mengakhiri pertarungan antara Israel dan Iran ini, tetapi titik-titik gesekan yang mendasarinya tetap ada.”

Sikap pemerintahan Biden menunjukkan keinginan untuk mencegah eskalasi lebih lanjut sambil tetap mendukung hak Israel untuk membela diri. Pejabat AS mengonfirmasi bahwa mereka menerima pemberitahuan sebelumnya tentang serangan tersebut tetapi tidak terlibat dalam eksekusi mereka.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More