7 Dampak Serangan Israel ke Iran, Salah Satunya Melemahkan Sistem Pertahanan Udara

Senin, 28 Oktober 2024 - 20:10 WIB
Serangan Israel ke Iran bertujuan melemahkan sistem pertahanan udara. Foto/IDF
TEHERAN - Para ahli militer mengatakan serangan Israel terhadap Iran merupakan respons yang diperhitungkan dan terkendali. Itu menunjukkan kemampuan militer Israel sambil menghindari eskalasi besar-besaran di Timur Tengah yang semakin tidak stabil.

Serangan presisi, yang menargetkan fasilitas manufaktur rudal dan sistem pertahanan udara di seluruh Iran, menandai serangan asing besar pertama di tanah Iran sejak perang Iran-Irak, tetapi sengaja dibatasi cakupannya.

7 Dampak Serangan Israel ke Iran, Salah Satunya Melemahkan Sistem Pertahanan Udara

1. Hanya Sekadar Pamer Kekuatan Israel

"Saat ini, kami hanya tahu sedikit. Ini terlihat lebih luas daripada April, tetapi masih merupakan respons terkendali yang ditujukan untuk menekankan superioritas militer konvensional Israel dan menghilangkan ancaman dalam bentuk fasilitas produksi rudal, sementara tidak tampak meningkat," kata Matthew Savill, direktur ilmu militer di Royal United Services Institute (RUSI), kepada Al Arabiya English.



Serangan terhadap Teheran berfungsi untuk menunjukkan kemampuan Israel untuk menembus wilayah udara Iran dan mengalahkan pertahanan udara sambil menghindari wilayah sipil, yang sangat kontras dengan rentetan rudal Iran baru-baru ini, kata Savill.

“Menyerang Teheran memperlihatkan kepada publik kemampuan Israel untuk menyerang ibu kota dan mengalahkan pertahanan udara Iran,” katanya, seraya mencatat bahwa operasi itu tampak “jauh lebih tepat daripada serangan Iran yang setara.”

Pengekangan adalah kata lain yang digunakan oleh Raphael S. Cohen, ilmuwan politik senior dan direktur Program Strategi & Doktrin di Project AIR FORCE RAND, yang mengatakan kepada Al Arabiya English bahwa meskipun ia “tidak terkejut” Israel telah menyerang Iran – setelah memberi isyarat demikian selama berminggu-minggu – “aspek yang lebih mengejutkan adalah responsnya.”

“Tampaknya relatif terkendali setidaknya dibandingkan dengan apa yang sedang dibahas,” katanya. “Israel tidak menyerang fasilitas nuklir Iran atau menyerang infrastruktur minyaknya. Memang, reaksi awal dari politisi oposisi Israel adalah mengutuk pemerintah Netanyahu karena tidak cukup kuat dan terlibat dalam pertunjukan militer, yang merupakan pembalikan dinamika politik tradisional.”

“Pada akhirnya, tampaknya tekanan pemerintahan Biden pada Israel untuk menahan responsnya tampaknya berhasil.”

2. Kekuatan Pertahanan Iran Terbukti Iran

Analis militer menyatakan serangan tersebut menargetkan kemampuan defensif dan ofensif Iran.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More