AS Akui Kerahkan 1 Skuadron Jet Tempur F-16 Menjelang Israel Serang Iran

Minggu, 27 Oktober 2024 - 11:05 WIB
AS akui kerahkan 1 skuadron jet tempur F-16 menjelang Israel serang Iran. Foto/AF.mil
TEL AVIV - Amerika Serikat (AS) mengaku telah mengerahkan satu skuadron jet tempur F-16 ke Timur Tengah pada Jumat atau beberapa jam menjelang serangan udara Israel terhadap Iran.

"F-16 Angkatan Udara AS dari Skuadron Tempur ke-480 yang bermarkas di Pangkalan Udara Spangdahlem, Jerman, tiba di wilayah tanggung jawab Komando Pusat AS," kata Komando Pusat (CENTCOM) dalam sebuah pernyataan, yang dilansir Anadolu pada Sabtu.

CENTCOM tidak menyebutkan peran operasional F-16 yang dimaksud, tetapi menekankan misi mereka untuk memperkuat kehadiran AS di kawasan tersebut.





Seorang pejabat senior AS mengatakan bahwa AS tidak ambil bagian dalam serangan luas dan presisi tersebut, namun mereka bekerja sama dengan pemerintah Israel untuk mendorong serangan berisiko rendah tanpa menimbulkan korban sipil.

"Dampaknya adalah respons pembelaan diri yang proporsional. Dampaknya adalah untuk mencegah serangan di masa mendatang dan menurunkan kemampuan Iran untuk melancarkan serangan di masa mendatang," kata pejabat itu.

Menurut laporan The New Arab, Minggu (27/10/2024), serangan tersebut menargetkan sekitar ibu kota Iran; Teheran, serta provinsi barat daya Khuzestan dan Ilam. Laporan yang mengutip media Israel itu juga menyebutkan serangan berlangsung beberapa jam dan melibatkan lebih dari 100 jet tempur Israel, termasuk pesawat siluman F-35, serta F-16, dan F-15.

Israel menggunakan rudal supersonik jarak jauh Rampage dan rudal udara-ke-permukaan jarak jauh generasi berikutnya; Rocks.

Gelombang serangan pertama ditujukan pada fasilitas radar dan pertahanan udara Iran, dengan fasilitas militer, rudal, dan pesawat nirawak menjadi sasaran pada gelombang kedua dan ketiga.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More