Terlibat Perang Ukraina, AS Peringatkan Pasukan Korea Utara akan Jadi Target Sah

Kamis, 24 Oktober 2024 - 17:01 WIB
Tentara Korea Utara dilaporkan berada di Rusia, 19 Oktober 2024. Foto/Pusat Komunikasi Strategis dan Keamanan Informasi
WASHINGTON - Jika tentara Korea Utara (Korut) memasuki konflik Ukraina di pihak Rusia, mereka akan menjadi "target militer yang sah" bagi pasukan Kiev, menurut juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin mengklaim pada hari Rabu (23/10/2024) bahwa saat ini ada sejumlah prajurit Korea Utara yang tidak diketahui di Rusia, dan Pentagon tidak tahu "apa sebenarnya yang mereka lakukan."

Austin menambahkan itu akan menjadi "masalah yang sangat serius" jika Korea Utara bermaksud "untuk berpartisipasi dalam perang ini atas nama Rusia."



Dalam pengarahan pada Rabu sore, Kirby mengatakan kepada wartawan bahwa "setidaknya 3.000" tentara Korea Utara memasuki Rusia timur awal bulan ini, dan sejak itu telah dikirim ke "beberapa lokasi pelatihan Rusia."

Kirby mengatakan AS tidak tahu jenis pelatihan apa yang seharusnya diterima para prajurit ini. Namun, dia berspekulasi bahwa mereka "dapat melakukan perjalanan ke Rusia barat dan kemudian terlibat dalam pertempuran melawan militer Ukraina."

"Jika tentara Korea Utara ini memutuskan bergabung dalam pertempuran melawan Ukraina, mereka akan menjadi target militer yang sah," tegas dia.

Pyongyang telah menepis klaim mereka mengirim pasukan ke Rusia sebagai "rumor yang tidak berdasar dan stereotip."

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kerja sama antara Rusia dan Korea Utara adalah "hak kedaulatan kami," tetapi Moskow telah melihat "banyak informasi yang bertentangan" tentang masalah tersebut.

Rumor tentang keterlibatan DPRK dalam konflik tersebut dimulai awal bulan ini, ketika media Ukraina melaporkan kematian pasukan Korea Utara di Wilayah Donetsk. Namun, tidak ada bukti yang diberikan untuk mendukung laporan ini.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More