Apakah Iran Akan Terlibat di Perang Dunia III?

Kamis, 24 Oktober 2024 - 11:49 WIB
Houthi berusaha menutup pengiriman internasional di Laut Merah. Rudal Hizbullah telah memaksa lebih dari 65.000 warga Israel melarikan diri dari Israel utara. Pada bulan April, Iran bahkan melancarkan serangan langsung ke Israel, sesuatu yang belum pernah kita lihat selama beberapa dekade. Dan jangan lupakan serangan 1 Oktober terhadap Israel.”

Menyalahkan Iran atas kekacauan yang terjadi di kawasan tersebut, Stroul menambahkan, “Iran menembakkan 180 rudal balistik ke Israel. Tidak ada negara yang melakukan itu tanpa bermaksud membunuh banyak orang dan menghancurkan infrastruktur penting. Ini adalah tindakan perang dan terorisme. Tujuan Israel adalah menetralkan ancaman ini sebelum dapat membahayakan warga Israel lagi.”



Apalagi, Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, menyampaikan peringatan keras kepada Iran: “Serangan kami akan mematikan, tepat, dan, yang terpenting, mengejutkan. Mereka tidak akan tahu apa yang menimpa mereka sampai mereka melihat hasilnya.” Namun Iran juga tidak mundur, mengancam Israel dengan konsekuensi yang berat. Stroul yakin wilayah tersebut sudah berperang.

“Ketika kelompok yang didukung Iran di Yaman menembakkan rudal dan pesawat nirawak ke kapal-kapal komersial di Laut Merah, dan Iran meluncurkan 180 rudal balistik ke Israel, dengan Israel mempertimbangkan cara membalas, itu adalah perang. Namun, keadaan bisa menjadi jauh lebih buruk. Iran tidak hanya mengancam Israel lagi; negara itu juga memperingatkan negara-negara Teluk yang menampung pasukan AS, dengan mengatakan bahwa jika mereka berpartisipasi atau membiarkan wilayah udara mereka digunakan untuk serangan Israel, mereka juga akan menghadapi bahaya pembalasan Iran.”

Jadi, apa yang coba dicegah AS saat ini? “Washington sangat fokus untuk menghindari perang regional yang lebih besar, di mana Iran tidak hanya menargetkan Israel tetapi seluruh wilayah. Pikirkan tentang penutupan Selat Hormuz, yang menyebabkan lebih banyak kematian warga sipil dan meluasnya konstruksi di Timur Tengah. Itulah yang AS coba hindari,” jelas Stroul.

Dalam penilaiannya, Netanyahu menjelaskan posisinya dengan jelas kepada Biden selama panggilan mereka: tidak ada negara yang dapat menoleransi 180 rudal balistik, tetapi respons apa pun harus dikalibrasi untuk mencegah eskalasi menjadi konflik yang lebih luas.

Apakah Israel siap untuk perang habis-habisan? Stroul tidak berpikir demikian. Ia berpendapat bahwa kekuatan militer konvensional Iran jauh lebih unggul dibandingkan AS, dan hubungan pertahanan Amerika yang telah lama terjalin dengan negara-negara Teluk, Mesir, Yordania, dan Israel memberinya pengaruh yang signifikan.

Apakah kita sedang bergerak menuju Perang Dunia 3? Stroul melihat tanda-tanda peringatan dini.

“Jika kita melihat kampanye disinformasi, campur tangan asing dalam proses demokrasi, pengembangan senjata, upaya Iran untuk mendapatkan kemampuan nuklir, dan hubungan strategis yang semakin erat antara Rusia, China, Iran, dan Korea Utara, ini adalah tanda-tanda yang mengkhawatirkan," kata Stroul.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More