Apakah Iran Akan Terlibat di Perang Dunia III?

Kamis, 24 Oktober 2024 - 11:49 WIB
Iran akan terlibat dalam perang dunia III. Foto/X/@Lailafatimeh
GAZA - ]Asap memenuhi udara. Puing-puing di mana-mana. Jeritan. Kekacauan. Ketakutan. Kehancuran. Gaza hancur—lebih dari 40.000 orang tewas. Lebanon Selatan tampaknya ditakdirkan untuk menyusul. Timur Tengah terbakar.

Tank-tank meluncur ke Lebanon. Bom meledak di Beirut. Hizbullah kehilangan komandan hampir setiap hari. Warga sipil berebut tempat berlindung setiap menit.

Itu seperti gambaran awal dari Perang Dunia III .



Di tengah kekacauan ini, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan pidatonya kepada rakyat Iran dan mengaitkan dengan rakyat Lebanon. Perang ini tidak hanya terjadi di luar Israel—Netanyahu memiliki banyak pertanyaan yang harus dijawab dari rakyatnya. Ia sedang berjuang dalam pertempuran hidupnya.

Sekitar 60.000 warga Israel kehilangan tempat tinggal. IDF dan ISA telah berjanji untuk membawa mereka pulang. Dalam panggilan telepon 'langsung' antara Presiden AS Joe Biden dan Netanyahu, AS mendesak Israel untuk menghindari serangan yang tidak proporsional terhadap Iran. Kawasan itu berada di ujung tanduk.

Sementara AS khawatir serangan terhadap fasilitas minyak dan situs nuklir dapat memicu Timur Tengah, Netanyahu memandang ini sebagai kesempatan untuk melumpuhkan sumber daya ekonomi IRGC dan, pada dasarnya, rezim Iran di bawah Ayatollah Khamenei. Dunia menyaksikan, menahan napas.

Apa selanjutnya? Apa yang dipertaruhkan bagi Netanyahu dan Pemimpin Tertinggi Iran? Akankah Israel mengindahkan seruan Biden untuk menahan diri dengan Iran? Apakah konflik ini berlangsung sesuai rencana Netanyahu? Apakah ini yang diinginkan Israel? Pertanyaan-pertanyaan ini masih belum terjawab.

Melansir India Today, Dana Stroul, Direktur Riset dan Peneliti Senior Shelly dan Michael Kassen di The Washington Institute for Near East Policy. Stroul mengungkapokan, situasi ini bermula pada 7 Oktober tahun lalu. "Penting untuk mengingat di mana ini bermula—pada 7 Oktober, ketika Hamas menginvasi Israel dan secara brutal membunuh lebih dari 1.000 warga Israel.

Hamas, seperti Hizbullah, adalah kelompok teroris yang didukung, dilatih, dipersenjatai, dan didanai Iran. Pada 8 Oktober, kurang dari 24 jam setelah serangan Hamas, Hizbullah juga mulai menyerang Israel. Selama setahun terakhir, dari 7 Oktober hingga sekarang, milisi yang didukung Iran di Irak dan Suriah, Hizbullah di Lebanon, dan Houthi di Yaman telah meningkatkan serangan terhadap Israel dan menyerang pasukan AS di Irak dan Suriah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More