Dokumen Sangat Rahasia AS Bocor, Ungkap Persiapan Israel Serang Iran

Minggu, 20 Oktober 2024 - 10:19 WIB
Meskipun menggambarkan gerakan dan latihan militer Israel, dokumen tersebut tidak menyediakan citra satelit.

Intelijen AS yang dikumpulkan dari citra-citra satelit mata-matanya menunjukkan bahwa Israel sedang bersiap untuk melakukan serangan, tetapi tidak jelas apakah dokumen-dokumen ini mengungkapkan cakupan penuh rencana Israel terhadap Iran.

Kebocoran tersebut dilaporkan telah memicu kekhawatiran langsung di internal pemerintah AS.

Para pejabat AS terpecah pendapat mengenai tingkat keparahan kebocoran tersebut, dengan beberapa meremehkan dampaknya mengingat dokumen tersebut tidak mengungkapkan kemampuan baru Amerika.

Namun, yang lain khawatir dengan terungkapnya rencana militer Israel yang sensitif, terutama pada saat ketegangan meningkat di Timur Tengah.

Presiden Joe Biden, ketika ditanya selama perjalanan baru-baru ini ke Jerman apakah dia mengetahui rencana serangan Israel terhadap Iran dan target-targetnya, menjawab dengan singkat "Ya dan ya”, tetapi menolak untuk menjelaskan lebih lanjut.

Meskipun sumber pasti kebocoran tersebut masih belum diketahui, indikasi awal menunjukkan bahwa dokumen tersebut mungkin telah diambil oleh seorang pegawai pemerintah AS tingkat rendah.

Investigasi bersama oleh Pentagon, badan intelijen AS, dan FBI sedang dilakukan untuk menentukan bagaimana informasi itu bocor dan apakah dokumen lebih lanjut dapat menyusul.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More