Apakah Perang Dunia III Bakal Gunakan Nuklir? Ini Jawabannya

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 14:48 WIB
"Siap menggunakan senjata nuklir jika ada ancaman terhadap keberadaan negara Rusia, kedaulatan dan kemerdekaannya," kata Putin.

“Semua itu tertulis dalam strategi kami, kami belum mengubahnya,” ujarnya.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov juga pernah mengatakan, jika Perang Dunia III terjadi, hal itu akan melibatkan senjata nuklir dan bisa sangat destruktif.

Lavrov menuduh Ukraina sedang berusaha mencari senjata nuklir. “Ukraina masih memiliki teknologi nuklir (Uni) Soviet dan sarana pengiriman senjata semacam itu,” ujarnya.

Lavrov mengatakan tidak seorang pun menginginkan perang nuklir, termasuk Rusia. Namun, dia memperingatkan bahwa senjata nuklir negaranya sudah berada dalam "kesiapan tempur penuh”.

"Kami berbicara tentang garis merah, berharap bahwa penilaian dan pernyataan kami akan didengar oleh orang-orang yang cerdas dan pembuat keputusan. Tidaklah serius untuk mengatakan bahwa jika besok Anda tidak melakukan apa yang saya minta dari Anda, kami akan menekan 'tombol merah'," kata Lavrov.

“Saya yakin bahwa dalam situasi seperti itu, para pembuat keputusan memiliki gagasan tentang apa yang sedang kami bicarakan. Tidak seorang pun menginginkan perang nuklir,” katanya lagi.

“Rusia memiliki senjata yang akan memiliki implikasi serius bagi para pengendali rezim Ukraina,” imbuh dia.

2. Amerika Serikat



Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Maret 2022 menekankan bahwa sekutunya dan NATO tidak akan melawan Rusia di Ukraina, menggambarkan skenario seperti itu sebagai Perang Dunia III.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More