3 Negara Donatur Hizbullah Lebanon, Salah Satunya Iran Sokong Rp15,4 Triliun Per Tahun

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 13:37 WIB
Menurut laporan dari situs resmi Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan beberapa lembaga think tank, Iran disebut memberikan bantuan finansial antara USD700 juta (lebih dari Rp10,8 triliun) hingga USD1 miliar (lebih dari Rp15,4 triliun) per tahun.

2. Suriah



Menurut laporan lembaga think tank Middle East Forum dan Carnegie Middle East Center, Suriah menjadi donatur Hizbullah Lebanon terutama sejak kelompok itu membantu rezim Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara Suriah.

Laporan tersebut tidak bisa menaksir secara tepat besaran bantuan finansial Suriah. Namun, bantuan logistik, senjata, dan pelatihan sangat penting dalam memperkuat Hizbullah.

3. Venezuela



International Institute for Strategic Studies (IISS) dalam laporan bertajuk "Hezbollah’s Global Footprint: The Organization’s Evolving Role" mendeteksi Venezuela sebagai donatur Hizbullah Lebanon.

Laporan itu tak bisa memperkirakan besaran sokongan finansial dari negara kaya minyak di Amerika Selatan tersebut. Namun, Venezuela disebut juga memberikan dukungan dalam bentuk sumber daya dan pelatihan.

Laporan lain dari RAND Corporation mengatakan ada negara-negara Teluk seperti Qatar ikut menyokong Hizbullah melalui individu atau kelompok tertentu.

Sementara itu, Middle East Institute dalam laporannya berjudul "Funding Hezbollah: The Role of the Diaspora" mengatakan Hizbullah meraup puluhan juta dolar Amerika per tahun melalui donasi individu dan acara penggalangan dana di luar Lebanon, termasuk di Eropa dan Amerika Latin.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More