Prediksi 5 Negara yang Tidak Akan Terlibat di Perang Dunia 3, Adakah Indonesia?

Rabu, 16 Oktober 2024 - 19:50 WIB
Swiss merupakan salah satu negara yang tidak akan terlibat dalam Perang Dunia III. Foto/X/@DaniloToroL
JAKARTA - Banyaknya perang yang pecah menimbulkan spekulasi bahwa Perang Dunia III mungkin akan segera terjadi.

Sebagian orang, yang khawatir dengan kemungkinan terjadinya perang di seluruh dunia, ingin tahu negara mana yang paling aman di seluruh dunia jika perang pecah.

Prediksi 5 Negara yang Tidak Akan Terlibat di Perang Dunia 3, Adakah Indonesia?

1. Swiss

Melansir Visit Ukraine, mungkin sulit untuk mengejutkan siapa pun dengan fakta bahwa Swiss saat ini dianggap sebagai salah satu negara teraman di dunia, mengingat stabilitas ekonomi, politik, dan sosialnya.



Kenetralan Swiss selama 200 tahun hanya terguncang oleh invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina, yang memaksa negara itu untuk menunjukkan dukungannya kepada rakyat Ukraina.

Namun, dapatkah Swiss menjadi tempat yang dapat diandalkan dan aman jika terjadi perang global?

Para ahli percaya bahwa negara itu terlindungi dengan baik karena lokasi geografis dan bentang alamnya. Bagaimanapun, medan pegunungan akan melindunginya dari invasi, dan jembatan yang menghubungkan negara itu dengan wilayah lain dapat dengan mudah diledakkan. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa Swiss memiliki cukup banyak tempat perlindungan yang dilengkapi untuk melindungi penduduk bahkan dari serangan nuklir.

Namun, ada argumen tandingan utama yang menyatakan bahwa Swiss bukanlah pilihan terbaik untuk lolos dari Perang Dunia III. Menurut pendapat bulat para ahli, untuk terhindar dari perang global, lebih baik memilih negara sejauh mungkin dari Amerika Serikat, China, Rusia, dan khususnya Eropa, karena tempat-tempat ini mungkin menjadi fokus utama permusuhan. Selain itu, Swiss sangat bergantung pada impor pangan, karena tanahnya tidak terlalu subur.

2. Selandia Baru

Selandia Baru bisa jadi merupakan salah satu tempat teraman di planet ini jika terjadi Perang Dunia III. Negara ini dikelilingi oleh air di semua sisi, memiliki iklim sedang, dan yang terpenting, tidak memiliki pelabuhan laut dalam yang dapat digunakan oleh pasukan pendaratan musuh untuk tujuan serangan dan logistik.

Namun, perlu diingat bahwa kedua negara ini juga bergantung pada impor, tetapi iklim setempat memungkinkan mereka untuk menanam tanaman mereka sendiri.

Selain itu, Selandia Baru berada di peringkat kedua dalam Indeks Perdamaian Global dan telah lama dikagumi karena sikapnya yang non-partisan terhadap konflik. Jika diserang, daerah pegunungan negara ini menawarkan perlindungan yang sempurna bagi warganya.

3. Indonesia

Indonesia merupakan tempat yang tenang dan relatif aman untuk bertahan hidup jika terjadi perang global. Penting juga bagi pulau-pulau tersebut untuk memiliki sektor pertanian yang berkembang dengan baik, sehingga Indonesia tidak akan menderita kelaparan jika impor dihentikan.

Melansir Visit Ukraine, harga properti di Indonesia relatif murah, jadi Anda bisa memikirkan "pulau aman" Anda sendiri jika terjadi krisis global atau perang dengan membeli rumah di pulau tersebut. Salah satu pilihan yang paling menguntungkan, menurut para ahli, adalah membeli properti di Bali, karena daerah ini tidak hanya akan relatif aman jika terjadi Perang Dunia III, tetapi juga kurang lebih terlindungi dari pengaruh eksternal dan bencana yang terjadi di wilayah lain di Indonesia.

Melansir Daily Mail, seperti negara-negara lain dalam daftar ini, Indonesia masuk dalam daftar ini berkat sikap netralnya terhadap isu-isu politik di seluruh dunia.

Pada tahun 1948, presiden pertama negara itu, Sukarno, menciptakan istilah 'bebas dan aktif' untuk merujuk pada kebijakan luar negeri mereka.

Ini merujuk pada fakta bahwa mereka bertindak secara independen dalam urusan internasional, dan paling peduli dengan terciptanya perdamaian dunia.



4. Amerika Selatan

Bagian selatan Amerika, misalnya, Cile atau Argentina, cukup terisolasi dari dunia luar, dan oleh karena itu wilayah ini tidak akan dianggap sebagai target jika terjadi perang global. Selain itu, Amerika Selatan tidak memiliki konflik eksternal, dan oleh karena itu tidak mungkin terlibat dalam pertempuran untuk kepentingan siapa pun.

Seperti negara tetangganya, Argentina, Chili diberkahi dengan berbagai tanaman dan sumber daya alam yang berbeda.

Tingkat pembangunannya juga bisa dibilang yang paling maju di Amerika Selatan. Jadi, meskipun Anda mungkin merasa terisolasi, tingkat infrastruktur dan aksesnya ke teknologi modern berarti tempat ini bisa menjadi tempat yang ideal jika Perang Dunia III terjadi.

5. Antartika

Betapapun sulitnya membayangkan kehidupan di kedalaman es, wilayah Antartika mungkin bisa menjadi penyelamat dari Perang Dunia Ketiga. Omong-omong, pariwisata di pulau es ini cukup berkembang meskipun logistik dan biaya perjalanan semacam itu rumit.

Salah satu negara yang berdekatan dengan Antartika adalah Islandia. Islandia secara konsisten menduduki puncak Indeks Perdamaian Global, sehingga mendapatkan reputasi sebagai salah satu negara paling damai di dunia.

Selain sangat terpencil, Islandia tidak perlu khawatir akan ketergantungannya pada negara lain untuk sumber daya, berkat adanya cadangan air tawar, sumber daya laut, dan sumber energi terbarukan.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More