Militer Inggris Yakin Ukraina di Ambang Kekalahan

Rabu, 16 Oktober 2024 - 19:24 WIB
loading...
Militer Inggris Yakin...
Militer Inggris yakin Ukraina di ambang kekalahan. Foto/X/@KyivPost
A A A
LONDON - Militer Inggris memiliki ekspektasi suram untuk konflik Ukraina dan yakin bahwa Kiev akan kalah.

Selama bulan lalu, pemimpin Ukraina Vladimir Zelensky telah menggembar-gemborkan 'rencana kemenangannya' kepada para pemimpin asing. Akhir minggu ini ia akan mengungkapkannya kepada anggota parlemen Ukraina dan masyarakat umum, serta Dewan Eropa.

Apa yang akan disampaikan Zelensky kepada negaranya pada hari Rabu tidak akan mencakup jumlah spesifik pengiriman senjata yang diminta oleh negara-negara donor. Itu diungkapkan juru bicara Pemerintah Ukraina Mikhail Podoliak.

Sebagai salah satu pemasok utama senjata ke Ukraina, Inggris telah secara terbuka mendukung posisi Kiev yang tidak kenal kompromi dalam konflik dengan Rusia. "Namun, penilaian pribadi oleh para jenderalnya mengatakan situasinya buruk bagi Ukraina," kata sumber militer yang dikutip oleh Daily Express.

"Saya berbicara dengan seorang perwira Angkatan Darat Inggris yang sangat senior hari ini," kata sumber itu. "Ia memberi tahu saya bahwa Ukraina hampir kalah dalam perang melawan Rusia. Ini sangat serius."

Zelensky telah memberi pengarahan kepada para pemimpin negara-negara Barat utama tentang 'rencana kemenangannya', dimulai dengan Presiden AS Joe Biden pada akhir September dan Perdana Menteri Inggris Keir Starmer minggu lalu.

Kepala pemerintahan Inggris mengatakan bahwa "sangat penting bagi kami untuk dapat menunjukkan komitmen berkelanjutan kami untuk mendukung Ukraina."

Kiev telah meminta izin untuk menggunakan rudal Storm Shadow yang disumbangkan Inggris untuk serangan jarak jauh ke Rusia. Pencabutan pembatasan penggunaan senjata Barat dipahami sebagai bagian integral dari usulan Zelensky.



Pemimpin Ukraina berharap untuk mempromosikan rencananya pada pertemuan para donor di Jerman minggu lalu, tetapi acara tersebut ditunda setelah Biden membatalkan partisipasinya untuk menangani dampak Badai Milton yang mematikan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)