Langka, Sekutu China Kritik Tembakan Rudal Balistik Antarbenua Beijing ke Pasifik

Selasa, 08 Oktober 2024 - 13:43 WIB
Pernyataan itu juga mengkritik negara-negara lain yang tidak disebutkan namanya atas uji coba senjata sebelumnya.

"Laut lepas di Pasifik bukanlah kantong samudra yang terisolasi, mereka adalah bagian dari Benua Pasifik Biru kami dan merupakan bagian dari Kiribati dan oleh karena itu kami mengimbau semua negara yang terlibat dalam pengujian senjata untuk menghentikan tindakan ini demi menjaga perdamaian dan stabilitas dunia," paparnya.

Ke-18 anggota Forum Kepulauan Pasifik, meskipun kecil dalam hal ukuran daratan dan populasi, memiliki zona maritim gabungan yang luas yang mereka sebut sebagai Benua Pasifik Biru dan beberapa dekade lalu mendeklarasikan wilayah tersebut sebagai zona bebas nuklir.

Persaingan strategis antara China dan Amerika Serikat di wilayah tersebut telah meningkat setelah Beijing membuat pakta keamanan dengan Kepulauan Solomon pada tahun 2022.

China, yang berupaya membangun kembali lapangan terbang bekas Perang Dunia II milik AS di Kiribati, telah menjadi mitra pembangunan utama bagi negara atol tersebut sejak mengalihkan hubungan diplomatik dari Taiwan pada tahun 2019.

Kiribati akan mengadakan pemilihan presiden secara langsung bulan ini, di mana keempat kandidat berasal dari Partai Tobwaan Kiribati milik petahana Taneti Maamau.

Pemimpin oposisi Tessie Lambourne mengkritik kedekatan Maamau dengan China, dan tidak adanya kandidat oposisi untuk pemilihan presiden. Kiribati telah mengadakan pemilihan Parlemen pada bulan Agustus.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More