Finlandia Gabung Latihan Senjata Nuklir NATO untuk Pertama Kalinya

Selasa, 08 Oktober 2024 - 11:07 WIB
Finlandia akan gabung latihan senjata nuklir NATO untuk pertama kalinya sejak menjadi anggota aliansi tersebut tahun lalu. Foto/Angkatan Udara Finlandia
HELSINKI - Finlandia, anggota baru NATO, akan ambil bagian dalam latihan senjata nuklir aliansi pekan depan untuk pertama kalinya.

Surat kabar Finlandia; Ilta-Sanomat, melaporkan senjata nuklir NATO yang diberi nama Exercise Steadfast Noon akan dimulai pada 14 Oktober dan akan berlangsung selama dua minggu di wilayah udara Inggris, Denmark, dan Belanda.

Mengutip laporan Newsweek, Selasa (8/10/2024), Finlandia akan mengirimkan jet tempur F/A-18 untuk latihan gabungan tersebut.



NATO mengatakan latihan tahunan, yang telah direncanakan sejak lama, akan membantu memastikan kredibilitas, efektivitas, dan keamanan pencegah nuklirnya.



Finlandia menjadi anggota NATO—aliansi yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS)—pada April tahun lalu.

Negara Nordik tersebut, yang berbatasan dengan Rusia di sebelah timur, mengubah kebijakan non-blok militernya setelah invasi skala penuh ke Ukraina oleh Rusia pada Februari 2022.

Setelah selesainya aksesi ke NATO, Kementerian Pertahanan Finlandia mengatakan akan mengambil bagian dalam perencanaan nuklir dan operasi dukungan aliansi tersebut.

Namun, negara itu juga telah memutuskan tidak akan mengizinkan penyebaran senjata nuklir di wilayahnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More