1 Tahun Serangan 7 Oktober, Bagaimana Invasi Hamas Memicu Perang Berdarah di Timur Tengah?

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 19:35 WIB


5. Apa Perlu Zona Penyangga?

Ketika ditanya tentang harapannya untuk masa depan, Lande menganjurkan pendekatan regional yang komprehensif. “Saya ingin melihat semacam pemahaman regional yang komprehensif yang tidak hanya untuk Gaza atau hanya untuk Tepi Barat atau hanya untuk Lebanon,” katanya.

Visinya mencakup pembentukan zona penyangga untuk mencegah infiltrasi pejuang, upaya pendidikan ulang di Wilayah Palestina dan negara-negara tetangga, menangani ideologi dan hasutan yang memicu konflik, dan bermitra dengan negara-negara Arab moderat untuk stabilitas regional.

Lande mengakui bahwa mencapai tujuan ini akan membutuhkan waktu. "Bisakah ini terjadi dalam setahun? Tidak, ini setidaknya beberapa tahun, dan, kemungkinan besar, satu generasi," akunya.

7. Sandera Masih Ditawan

Bagi keluarga dari sekitar 101 sandera yang masih ditawan di Gaza, sepertiganya diyakini telah meninggal, tahun lalu sangat menyakitkan.

Di antara para sandera, dua adalah anak-anak dan 10 adalah wanita. Mereka termasuk Romi Gonen, 23, yang menghadiri festival musik elektronik Supernova bersama ribuan pemuda Israel lainnya ketika militan dari Hamas menyeberangi perbatasan dari Gaza.

Menurut saudara perempuan Gonen, Yarden, Romi meneleponnya dengan panik pagi itu saat tembakan meletus di sekitar tempat terbuka tersebut.

“Dia menelepon saya sekitar pukul 6:40 dan [mengatakan] bahwa ada rudal, dan dia butuh bantuan saya. Saya tahu dia ada di festival, tetapi saya tidak tahu di mana,” kata Yarden kepada Al Arabiya English.

Selama berjam-jam, kedua saudari itu saling berdialog saat Hamas maju.

Dalam 10 menit terakhir panggilan telepon, Yarden mengatakan Romi tetap diam saat para penyerang terdengar semakin dekat ke mobil yang ditemukan Romi sebagai tempat berlindung dan mencoba menyalakannya. “Mereka saling berteriak, terus-menerus menembak.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More