Perang Timur Tengah Tak Bisa Dicegah, Berikut 9 Alasannya

Kamis, 03 Oktober 2024 - 15:44 WIB
Iran memberikan pemberitahuan 72 jam sebelum serangan itu, yang secara luas dilihat sebagai dirancang untuk meminimalkan korban sambil memaksimalkan tontonan dengan hampir semua dari 300 proyektil yang dijatuhkan dari langit oleh sistem pertahanan Israel.

Israel menanggapi seminggu kemudian dengan serangan terbatas terhadap Iran.

Kali ini, Israel mengetahui tentang ancaman yang akan segera terjadi beberapa jam sebelum Teheran melancarkan serangan, dengan target termasuk markas besar badan intelijen Israel Mossad, di Tel Aviv, kota terbesar kedua Israel, Pangkalan Udara Nevatim dan Pangkalan Udara Tel Nof.

2. Banyak Rudal Iran yang Masuk Wilayah Israel

Juru bicara Pentagon Mayjen Pat Ryder mengatakan rentetan serangan Iran pada hari Selasa dua kali lebih besar dari serangan bulan April. Serangan itu juga mencakup lebih banyak rudal balistik, yang lebih sulit ditembak jatuh, sehingga menimbulkan ancaman nyata bagi warga Israel – banyak di antaranya yang dievakuasi ke tempat perlindungan selama serangan itu.

Sementara militer Israel mengatakan sebagian besar rudal berhasil dicegat, beberapa mendarat di tanah Israel dan tampaknya menyebabkan kerusakan. Gelombang kejut yang disebabkan oleh serangan itu juga merusak rumah-rumah di Israel bagian tengah, kata pihak berwenang di negara itu.

3. Diplomasi Sudah Gagal

Diplomasi sejauh ini gagal menjadi penengah kesepakatan antara Israel dan Hizbullah, dan gencatan senjata serta negosiasi penyanderaan antara Hamas dan Israel telah gagal.

Bahkan hingga beberapa minggu lalu, beberapa pejabat senior AS secara pribadi percaya bahwa melalui upaya diplomatik dan pencegahannya, Washington telah membantu menggagalkan serangan Iran berskala besar terhadap Israel, kata sumber kepada CNN.

"Saya pikir Nasrallah adalah titik puncak" bagi Iran, kata Jonathan Panikoff, mantan analis intelijen senior yang mengkhususkan diri di wilayah tersebut.



4. Israel Enggan Berkompromi

Tanpa jalan keluar, dan Israel tampak enggan berkompromi dengan musuh-musuh regionalnya, serangan hari Selasa mungkin merupakan tanda paling jelas bahwa perang regional yang sangat ditakutkan akan segera terjadi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More