Perang Timur Tengah Tak Bisa Dicegah, Berikut 9 Alasannya

Kamis, 03 Oktober 2024 - 15:44 WIB
Pada hari Sabtu, Netanyahu memberikan pidato berapi-api yang ditujukan kepada Iran, dengan mengatakan bahwa Israel "mengubah keseimbangan kekuatan di kawasan" dan bahwa "tidak ada tempat di Iran atau Timur Tengah yang tidak dapat dijangkau oleh tangan panjang Israel."

Kematian Nasrallah diperlukan, katanya, untuk memulangkan ribuan penduduk ke rumah mereka di sepanjang perbatasan Lebanon yang mengungsi akibat serangan roket Hizbullah, dan untuk mencegah kelompok tersebut melancarkan serangan skala besar terhadap Israel.

Pejabat AS telah lama menilai bahwa Iran dan pimpinan senior Hizbullah ingin menghindari perang habis-habisan dengan Israel, meskipun keduanya telah saling tembak.

7. Israel Tak Ingin Iran Memiliki Senjata Nuklir

Satu ketakutan besar bagi diplomat AS dan Arab adalah kemungkinan Israel menyerang di dalam Iran, yang berpotensi terhadap fasilitas nuklirnya. Mantan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mendesak Israel untuk membalas dengan menghancurkan program nuklirnya.

Namun Iran telah menegaskan bahwa tanggapan apa pun dari Israel akan mengakibatkan eskalasi lebih lanjut. Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengatakan operasi hari Selasa itu "hanya sebagian dari kekuatan kami."

Israel kemungkinan mengincar fasilitas nuklir Iran saat menentukan tanggapannya terhadap serangan rudal Teheran, menurut Malcolm Davis, analis senior strategi pertahanan di Australian Strategic Policy Institute.

"Dari sudut pandang Israel, Israel tidak dapat membiarkan Iran mendapatkan senjata nuklir. Pasti akan ada tekanan kuat dalam kabinet Netanyahu untuk menyerang fasilitas nuklir tersebut dan pada dasarnya menghambat program senjata nuklir Iran, yang berpotensi berlangsung selama bertahun-tahun," kata Davis kepada Becky Anderson dari CNN.

Dan Hizbullah sendiri juga tetap menjadi musuh yang berbahaya bagi Israel dengan persenjataan aset militer yang dapat digunakannya.

8. Iran Tidak Ingin Dikekang

Namun, Salam Vakil, direktur program Timur Tengah dan Afrika Utara di Chatham House, yakin Teheran kemungkinan berharap "akan ada sedikit pengekangan."

"Iran mencoba untuk menjatuhkan beberapa garis merah, dengan mengetahui sepenuhnya bahwa mereka berada dalam posisi defensif, bahwa Hizbullah telah dikompromikan, dan bahwa mereka tidak memiliki kemampuan konvensional tradisional untuk melawan Israel," katanya kepada Anderson dari CNN.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More