Kisah Rusia dan AS Nyaris Perang Nuklir tapi Dicegah Stanislav Petrov

Senin, 30 September 2024 - 15:40 WIB
Dengan asumsi bahwa pesawat itu sedang dalam misi untuk Amerika Serikat, militer Soviet mengerahkan pesawat Su-15 Interceptor dan menembak jatuh pesawat itu dengan dua rudal udara-ke-udara di dekat Pulau Sakhalin di Rusia, menewaskan 269 orang di dalamnya.

Sebagai pembelaan, otoritas Soviet mengeklaim bahwa pesawat itu menyimpang dari jalur aslinya dan memasuki wilayah udara Soviet untuk mengumpulkan informasi intelijen bagi AS. Namun, mereka tidak dapat mendukung klaim itu dengan bukti, yang menyebabkan gelombang eskalasi antara kedua musuh bebuyutan tersebut.

Menanggapi tindakan ini, yang digambarkan sebagai "biadab" oleh mantan Presiden AS Ronald Reagan, NATO menggelar serangkaian latihan militer dan mengerahkan rudal balistik jarak menengah baru.

Pengerahan itu digambarkan oleh Menteri Pertahanan Soviet saat itu Dmitry Ustinov sebagai "sarana untuk serangan pertama" dan menimbulkan kecurigaan serangan nuklir antara kedua belah pihak yang sudah hampir mencapai ambang konflik nuklir di Kuba pada tahun 1962.

Di pihak Uni Soviet memperkirakan serangan rudal dari AS dan membuat persiapan untuk meluncurkan serangan balasan.

Uni Soviet juga telah melakukan investasi signifikan dalam sistem peringatan dini, seperti Oko, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi rudal yang mendekat dan memberikan peluang untuk pembalasan nuklir.

Mengantisipasi serangan, pasukan Soviet disiagakan dengan ketat dan ditugaskan untuk memantau aktivitas musuh.

Pada 26 September 1983, Stanislav Yevgrafovich Petrov, seorang letnan kolonel di Pasukan Pertahanan Udara Soviet, ditugaskan untuk menggantikan seorang perwira tempur senior yang tidak dapat memenuhi tugas jaganya.

Pada hari kritis itu, Petrov adalah perwira jaga di pusat komando sistem peringatan dini nuklir Oko, yang terletak di bunker bawah tanah, tempat krisis siap terjadi.

Saat Petrov menatap monitor, sirene keras mulai berbunyi di bunker, dan layarnya berubah warna, yang menunjukkan serangan rudal akan segera terjadi. Lebih banyak sinyal menyusul dalam hitungan detik setelah yang pertama, dan ada indikasi bahwa lima rudal telah diluncurkan dari sebuah pangkalan di Amerika Serikat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More