Jika Hassan Nasrallah Tewas, Israel Tidak Akan Melakukan Invasi Darat ke Lebanon

Sabtu, 28 September 2024 - 17:06 WIB
Nasrallah menjadi sekretaris jenderal Hizbullah pada tahun 1992 di usianya yang baru 35 tahun, wajah publik dari kelompok yang dulunya samar yang didirikan oleh Korps Garda Revolusi Islam Iran pada tahun 1982 untuk melawan pasukan Israel yang saat itu menduduki Lebanon selatan.

Israel membunuh pendahulu Nasrallah, Sayyed Abbas al-Musawi, dalam serangan helikopter.

Pejabat itu membela tindakan Israel ketika ditanya mengapa membunuh Nasrallah akan mengubah ancaman dari Hizbullah ketika pembunuhan sebelumnya terhadap para pemimpin teror tidak melumpuhkan organisasi mereka.

“Saya pikir itu berbeda,” kata pejabat itu. “Dalam banyak hal, ia menjaga hal ini tetap fokus, hidup, dan berjalan.”

“Beberapa orang tidak tergantikan. Itu terjadi. Beberapa orang tidak memiliki pengganti. Itu salah satu kasusnya, tidak diragukan lagi,” kata pejabat itu.

“Sekitar 10 hari yang lalu atau dua minggu yang lalu, kabinet membuat keputusan bahwa kita tidak dapat menerima – setelah setahun – orang Israel yang pada dasarnya adalah pengungsi di tanah mereka sendiri,” kata pejabat itu.

“Jadi, kami menambahkan tujuan perang formal untuk membawa orang-orang kami kembali, untuk melemahkan kekuatan Hizbullah, untuk dapat mendorong mereka kembali dari perbatasan, untuk menghancurkan infrastruktur di sepanjang perbatasan, untuk mengubah keseimbangan kekuatan.”

Israel telah mengintensifkan serangannya terhadap Hizbullah dalam beberapa hari terakhir untuk memastikan bahwa kelompok teror itu tidak membuat preseden dengan memaksa puluhan ribu warga Israel mengungsi dari rumah mereka untuk jangka waktu yang lama, kata pejabat itu.

Ia menambahkan bahwa Israel kini memiliki momentum melawan Hizbullah dan harus terus bertindak tegas untuk memanfaatkan keuntungan baru-baru ini.

Sementara penilaian keamanan awal Israel mengindikasikan bahwa Nasrallah tidak selamat dari serangan hari Jumat, pejabat senior tersebut mengatakan Israel mungkin memerlukan waktu berminggu-minggu untuk mengonfirmasi kematiannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More