Gaji PM Lebanon Najib Mikati, Sosok yang Ingin Damaikan Israel dan Hizbullah

Sabtu, 28 September 2024 - 14:30 WIB
Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati. Foto/anadolu
BEIRUT - Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati belum lama ini mencuri banyak perhatian dunia karena punya keinginan untuk damaikan Israel dan Hizbullah.

Sebelumnya, PM Lebanon telah memohon kepada anggota Dewan Keamanan PBB (DK PBB) untuk bertindak karena pemboman Israel di negaranya telah menewaskan lebih dari 620 orang.

Mikati mengatakan de-eskalasi sangat dibutuhkan, karena pemboman udara Israel, serangan terhadap perangkat elektronik, dan ancaman invasi darat telah menyebarkan “teror dan ketakutan di kalangan warga Lebanon di hadapan dunia”.



Meski begitu, PM Lebanon tersebut masih berharap gencatan senjata antara Israel dengan Hizbullah dapat segera dicapai.

Dari usahanya tersebut, Amerika Serikat, Perancis, dan beberapa sekutu menyerukan gencatan senjata segera selama 21 hari di perbatasan Israel-Lebanon, sekaligus menyatakan dukungan untuk gencatan senjata di Gaza setelah diskusi intensif di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Najib Mikati menyambut baik seruan gencatan senjata tersebut, tetapi ia mengatakan kunci penerapannya adalah apakah Israel, yang telah memindahkan pasukannya lebih dekat ke Lebanon, berkomitmen untuk menegakkan resolusi internasional.

Gaji PM Lebanon Najib Mikati



PM Lebanon saat ini, Najib Mikati yang menjabat sejak 10 September 2021. Penunjukannya sebagai Perdana Menteri ini dilakukan setelah PM sebelumnya Hassan Diab mengundurkan diri mengundurkan diri pada tahun 2020.

Gaji PM Lebanon saat ini sendiri masih belum diketahui secara pasti. Namun menurut Paycheck.pk, gaji Najib Mikati ini bisa mencapai 2,218,595,799 Rupee atau sekitar Rp400 miliar (kurs Rp180) per tahun.

Gaji PM Lebanon ini juga dikisarkan sekitar 184.882.983 Rupee (Rp33,4 miliar) per bulan, 42.665.303 Rupee (Rp 7,7 miliar) per minggu, dan 8.533.060 Rupee (Rp1,5 miliar) per hari.

Namun terdapat pula sumber lain yakni Alakhbar English, yang menyebutkan jika gaji PM Lebanon ini adalah sekitar 18.750.000 Lira Lebanon (LL) per bulan, atau sekitar Rp3,1 juta.

Sedangkan gaji per tahunnya bisa mencapai 225.000.000 Lira Lebanon, atau sekitar Rp38 juta saja. Angka itu tentunya jauh lebih kecil dari data Paycheck.

Itulah perkiraan gaji PM Lebanon Najib Mikati yang diperkirakan hanya sekitar jutaan rupiah saja. Kini dia menjadi perhatian dunia setelah mengusulkan perdamaian antara Hizbullah dan Israel.

(sya)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More