Pertama Kali, Jepang Kirim Kapal Perang Melalui Selat Taiwan

Kamis, 26 September 2024 - 20:31 WIB
Transit ketiga kapal tersebut terjadi sepekan setelah kapal induk China Liaoning berlayar untuk pertama kalinya di antara dua pulau Jepang di dekat Taiwan, negara demokrasi yang diperintah sendiri yang diklaim Beijing sebagai miliknya.

Tokyo mengatakan kapal-kapal tersebut memasuki zona sebelahnya, wilayah hingga 24 mil laut (sekitar 44 km) dari pantai Jepang, dan menyebut insiden itu "sama sekali tidak dapat diterima". China mengatakan telah mematuhi hukum internasional.

Pada akhir Agustus, Tokyo mengatakan satu pesawat mata-mata China melanggar wilayah udara Jepang di dekat pulau-pulau di lepas pantai barat dayanya.

Yomiuri Shimbun mengutip beberapa sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida telah memerintahkan transit di Selat Taiwan karena khawatir tidak melakukan apa pun setelah aktivitas China dapat mendorong Beijing untuk mengambil tindakan yang lebih tegas.

Di Tokyo pada Kamis, juru bicara Hayashi menyatakan kekhawatiran tentang meningkatnya aktivitas militer China di wilayah tersebut.

"Kami memiliki rasa krisis yang kuat bahwa pelanggaran wilayah udara telah terjadi satu demi satu dalam waktu yang singkat," ujar dia dalam konferensi pers rutin. "Kami akan terus memantau situasi dengan minat yang kuat."

Amerika Serikat (AS) dan sekutunya mengirim kapal melalui selat sepanjang 180 kilometer (112 mil) untuk memperkuat statusnya sebagai jalur air internasional.

Beijing mengklaim memiliki yurisdiksi atas perairan tersebut dan menuduh Jerman meningkatkan risiko keamanan setelah Berlin mengirim dua kapal militernya melalui selat tersebut bulan lalu.

Bec Strating, profesor hubungan internasional di Universitas La Trobe, mengatakan kepada AFP bahwa, “Transit Selat Taiwan yang dilaporkan Jepang adalah bagian dari pola yang lebih luas dari kehadiran angkatan laut yang lebih besar oleh negara-negara di dalam dan luar Asia yang khawatir tentang pernyataan maritim China.”

"Jepang khususnya telah menangani taktik 'zona abu-abu' China di Laut China Timur, termasuk peningkatan jumlah kapal penjaga pantai yang berlayar di dekat pulau-pulau yang disengketakan,” ujar dia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More