Perang Dingin Jilid II Segera Memanas, Berikut 8 Indikasinya

Kamis, 26 September 2024 - 14:15 WIB


5. Perang Dagang Makin Intensif

AS mengumumkan kenaikan tarif pada hari Jumat yang menargetkan berbagai barang buatan Tiongkok, termasuk bea masuk 100% untuk kendaraan listrik, pungutan 50% untuk sel surya, dan 25% untuk baja, aluminium, baterai kendaraan listrik, dan mineral utama. Produsen mobil memperingatkan bahwa tarif tersebut dapat mengganggu rantai pasokan - sebuah peringatan yang diabaikan AS secara terang-terangan.

Washington tetap curiga bahwa mobil dengan perangkat yang terhubung ke internet atau layanan cloud rentan terhadap serangan peretasan. Larangan perangkat lunak dapat diberlakukan segera setelah model tahun 2027, dengan larangan perangkat keras yang ditetapkan akan berlaku pada bulan Januari 2029, Sputnik baru-baru ini melaporkan.

“Yah, tentu saja itu tidak akan melindungi pekerjaan Amerika. Maksud saya, pada tingkat itu, itu akan gagal karena AS tidak lagi melakukan manufaktur,” jelas Noh. “[Apakah tarif] akan melindungi data? Saya tentu meragukannya. Perusahaan AS membocorkan data seperti saringan dan tidak ada yang akan mereka gunakan, Tiongkok benar-benar menunjukkan bukti di baliknya.” China, pemimpin dalam kendaraan listrik dan komponen untuk mobil pintar, bersikeras bahwa mereka menghormati keamanan pelanggan asing dan prinsip persaingan yang adil.

6. Keamanan Nasional Jadi Dalih

“Tetapi saya pikir masalah sebenarnya di sini adalah masalah keamanan nasional, tetapi tidak seperti yang mereka pikirkan,” lanjut Noh. “...AS sebenarnya telah menyiapkan panoptikon elektronik dan internet yang terhubung [...] yang telah disiapkan AS sehingga dapat menyalakan dan mematikannya sesuka hati. Kita tahu bahwa AS benar-benar melakukan ini. Jika Anda membeli F-35 dari AS dan kemudian mereka tidak menyukai apa yang Anda lakukan dengan pesawat itu atau tidak menyukai arahnya, mereka dapat mematikannya di tengah penerbangan.”

“[AS] takut China akan melakukan kepada AS apa yang jelas-jelas dapat dilakukan AS di seluruh dunia. Dan karena itu, China ingin menutup mobil listrik dan, pada dasarnya, mencegah masuknya mobil listrik atau teknologi China, sungguh, teknologi yang terhubung internet,” imbuhnya.

“China adalah pemimpin dunia dalam energi terbarukan dan EV serta kendaraan energi baru dan teknologi energi baru, pada dasarnya menjadi hijau berarti menjadi merah,” kata analis tersebut. “Namun, dari sudut pandang AS, mereka tidak menginginkan itu. Mereka tidak menginginkan transisi energi jika itu berarti China akan memimpinnya. Jadi, mereka lebih baik mati daripada menjadi merah. AS lebih baik membakar planet ini daripada memberi China tempatnya di bawah sinar matahari.”

7. AS Gelorakan Sikap Anti-China

Dalam satu minggu, DPR AS menyetujui 25 undang-undang anti-China dalam pemungutan suara bipartisan. Upaya AS untuk melemahkan China adalah salah satu dari sedikit masalah “yang dapat disetujui oleh Partai Republik dan Demokrat”, media AS mencatat.

Salah satu RUU yang disahkan termasuk “Undang-Undang Otorisasi Dana Pengaruh Jahat RRT”, yang akan memberikan USD1,63 miliar kepada Departemen Luar Negeri dan USAID selama lima tahun yang akan mendanai organisasi yang menyebarkan propaganda anti-China di seluruh dunia.

8. China Jadi Ancaman Terbesar AS

Laporan dari Geopolitical Economy mencatat bahwa "Perang Dingin kedua" tampaknya mencapai titik kritis karena Direktur CIA William Burns menyebut China sebagai "ancaman jangka panjang terbesar", sementara "dua menteri luar negeri AS terakhir, Demokrat Antony Blinken dan Republik Mike Pompeo, menyampaikan pidato yang secara khusus didedikasikan untuk menjelek-jelekkan China."
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More