6 Negara Arab yang Kaya Gara-gara Minyak, Siapa Saja?

Selasa, 24 September 2024 - 15:18 WIB
Ladang Burgan di Kuwait terdiri dari tiga subladang, yakni Burgan, Magwa dan Ahmadi. Ladang minyak yang menyumbang sebagian besar produksi minyak Kuwait itu memiliki kapasitas harian sekitar 1,7 juta barel.

4. Uni Emirat Arab



Uni Emirat Arab memiliki ladang minyak terbesar di Upper Zakum. Ladang tersebut dioperasikan oleh perusahaan minyak milik negara UEA, yakni ADNOC.

Ladang minyak Upper Zakum dilaporkan bisa menghasilkan 750.000 barel minyak mentah per hari. Kapasitas produksinya itu akan terus meningkat seiring proyek pengembangan yang berlangsung.

Mengacu kerangka "Visi Pertumbuhan Cerdas 2030”, ADNOC bahkan berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi Upper Zakum menjadi satu juta barel per hari. Jika sukses, UEA akan melanjutkan proyeknya untuk meningkatkan kapasitas produksi harian total dari 4 juta barel menjadi 5 juta barel per hari pada 2027 mendatang.

5. Irak



Irak juga memiliki sejarah sendiri tentang penemuan minyak. Saat ini, negara tersebut masuk daftar produsen minyak mentah teratas di dunia.

Salah satu ladang minyaknya adalah Rumaila. Letaknya di Irak selatan, dekat perbatasan Kuwait.

Rumaila, yang memenuhi sepertiga total produksi minyak Irak, ditemukan pada 1953. Ladang ini dianggap sebagai terbesar ketiga di dunia dengan kapasitas produksi harian 1,5 juta barel.

6. Oman

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More