6 Negara Arab yang Kaya Gara-gara Minyak, Siapa Saja?

Selasa, 24 September 2024 - 15:18 WIB
Ladang Ghawar memiliki total cadangan minyak sebesar 96 miliar barel. Hal ini menjadikannya sebagai penyedia hampir sepertiga produksi minyak harian Arab Saudi dengan 3,8 juta barel per hari.

Selain Ghawar, Arab Saudi juga memiliki ladang minyak besar lain. Sebut saja seperti Khurais, Shaybah, Safaniya, Manifa, Zuluf, dan lainnya.

2. Iran



Deposit minyak besar pertama ditemukan pada 1908 di Iran (dulu Persia). Seiring waktu, minyak bumi telah menjadi industri utama di negara tersebut sejak 1920-an.

Bersama Arab Saudi dan sejumlah negara Timur Tengah lain, Iran masih menjadi produsen minyak mentah teratas di dunia. Adapun ladang terbesarnya bisa ditemui di Ahvaz, yang memiliki total 66 miliar barel cadangan minyak.

Ladang Ahvaz telah berproduksi sejak 1954. Dioperasikan oleh perusahaan negara, tercatat ada 800.000 barel minyak diekstraksi setiap hari dari ladang tersebut.

Saat ini, Iran juga menjadi salah satu pemilik cadangan minyak terbesar di dunia. Akan tetapi, Teheran kesulitan menjual minyaknya akibat sanksi yang dijatuhkan AS dan berdampak pula pada penurunan kapasitas produksi akibat kurangnya investasi.

3. Kuwait



Berikutnya ada Kuwait. Mereka memiliki salah satu ladang minyak terbesar yang bernama Burgan.

Ladang Burgan ditemukan pada 1938. Menariknya, ladang tersebut dikenal sebagai ladang minyak terbesar kedua di dunia dengan perkiraan cadangan sekitar 70 miliar barel.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More