Apakah Ikhwanul Muslimin Mesir Membela Palestina?

Sabtu, 21 September 2024 - 20:01 WIB
Pada tanggal 8 Desember 1948, pemerintah Mesir melarang Ikhwanul Muslimin. Pada tanggal 12 Februari 1949, Hassan al-Banna dibunuh saat dia meninggalkan markas besar Asosiasi Pemuda Muslim di Kairo.

Para pembunuh tidak pernah diidentifikasi. Sebagai akibat dari peristiwa-peristiwa ini, Ikhwanul Muslimin di Jalur Gaza, warga negara Mesir, menghadapi risiko penangkapan, meskipun tentara Mesir enggan untuk mencabut kerja sama mereka.

Faktanya, Ikhwanul Muslimin masih bekerja sama dengan mereka setelah Ikhwanul Muslimin dilarang di Mesir pada Desember 1948.

Bahkan setelah gencatan senjata antara Mesir dan Israel pada tanggal 24 Februari 1949, yang oleh Ikhwanul Muslimin Mesir yang sekarang bersifat rahasia dikecam sebagai pengkhianatan, otoritas administratif di Gaza menoleransi kehadiran kelompok yang dianggap patriotik dan siap dimobilisasi untuk mempertahankan perbatasan.

Ikhwanul Muslimin Gaza yang secara resmi dilarang terus ada dengan bersembunyi di balik organisasi yang menyatakan dirinya hanya bersifat keagamaan dan pendidikan, Jamiat al-Tawhid (“Masyarakat Tauhid”).

Di Tepi Barat, yang telah dianeksasi ke Yordania sejak tahun 1950, jumlah Ikhwanul Muslimin lebih sedikit daripada di Gaza.

Akan tetapi, mereka adalah anggota asosiasi yang, tidak seperti Mesir, dianggap sah oleh pemerintah Yordania dan memang telah diakui secara resmi.

Faktanya, hingga wafatnya Raja Hussein (1935–1999) pada tahun 1999, Ikhwanul Muslimin, di tengah pasang surut, memainkan peran sebagai “oposisi setia” terhadap monarki Hashemite di Yordania.

Ikhwanul Muslimin lebih mengutamakan Islamisasi "dari bawah" daripada pemberontakan bersenjata.

Terkait isu Palestina, Ikhwanul Muslimin di Tepi Barat akan selalu berada dalam posisi yang agak subordinat dibandingkan dengan mitranya di Jalur Gaza, terutama setelah pemimpin Ikhwanul Muslimin Palestina yang tak terbantahkan, Syaikh Yassin, muncul dari jajaran Ikhwanul Muslimin pada tahun 1950-an.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More