Israel Sudah Lama Persiapkan Perang Besar dengan Hizbullah, Berikut 4 Faktanya

Kamis, 19 September 2024 - 21:35 WIB


4. Menanti Serangan Balasan Hizbullah



Foto/AP

Hizbullah telah bersumpah untuk melakukan pembalasan, memperingatkan pada hari Selasa bahwa Israel "pasti akan menerima hukuman yang adil atas serangan berdosa ini, baik dengan cara yang diharapkan maupun yang tidak diharapkan."

Pemerintah Lebanon juga mengutuk serangan itu sebagai "agresi kriminal Israel" dan pelanggaran kedaulatan nasional mereka.

Menteri Luar Negeri Lebanon Abdallah Bou Habib mengatakan kepada CNN pada hari Rabu bahwa ia khawatir serangan beruntun di Lebanon menandakan langkah menuju "perang," menyerukan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Amerika Serikat untuk membantu membangun kembali perdamaian di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel.

Tidak begitu jelas kapasitas apa yang mungkin dimiliki Hizbullah untuk melancarkan serangan balik jika banyak anggotanya terluka dan metode komunikasi utama tidak lagi dapat diandalkan.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant tampaknya merujuk pada serangan tersebut pada hari Rabu saat berkunjung ke pangkalan angkatan udara – memuji "pencapaian luar biasa" dari militer dan badan intelijen.

"Kita berada di awal era baru dalam perang ini dan kita perlu menyesuaikan diri," kata Gallant.

Tampaknya para pejabat AS sebagian besar tidak mengetahui sampai muncul laporan tentang ledakan tersebut, menurut tiga sumber yang mengetahui masalah tersebut. Para pejabat Israel memberi tahu AS bahwa mereka akan melakukan operasi di Lebanon pada hari Selasa tetapi tidak memberikan rincian apa pun tentang apa yang mereka rencanakan, kata sumber tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More