Israel Sudah Lama Persiapkan Perang Besar dengan Hizbullah, Berikut 4 Faktanya

Kamis, 19 September 2024 - 21:35 WIB
Serangan kedua terjadi pada hari Rabu, dengan walkie-talkie meledak di pinggiran kota Beirut dan di bagian selatan negara itu.

Seorang saksi yang tidak dapat disebutkan namanya karena alasan keamanan menggambarkan melihat tangan seorang pria putus oleh walkie-talkie yang meledak saat menghadiri pemakaman Hizbullah. Kebakaran terjadi di puluhan rumah, toko, dan kendaraan, dengan video yang menunjukkan asap mengepul di jalan-jalan yang kacau.

2. Melemahkan Poros Perlawanan Iran



Foto/AP

Hizbullah dan Israel telah berkonflik selama beberapa dekade – tetapi keduanya telah meningkatkan serangan lintas perbatasan mereka satu sama lain sejak Oktober lalu ketika perang di Gaza dimulai, menyusul serangan mematikan kelompok Palestina Hamas terhadap Israel.

Hizbullah merupakan bagian dari poros yang dipimpin Iran di Timur Tengah yang mencakup Yaman, Suriah, Gaza, dan Irak yang telah terlibat dalam konflik yang memanas dengan Israel dan sekutunya selama 10 bulan terakhir.

Melansir CNN, poros tersebut mengatakan bahwa mereka akan terus menyerang target-target Israel selama perang di Gaza berlangsung, mengubah citra mereka sebagai "front pendukung" bagi warga Palestina di jalur tersebut, seperti yang dijelaskan oleh seorang pemimpin senior Hizbullah. Israel mungkin telah memilih waktu ini untuk melakukan serangan karena mereka yakin Hizbullah telah menemukan kemampuan pager tersebut – menjadikannya momen "gunakan atau hilangkan", kata seorang sumber Israel yang mengetahui keamanan nasional.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mungkin juga ingin meningkatkan dukungan dalam negeri. Para pejabat dan penduduk dari wilayah utara semakin vokal tentang perlunya kembali ke rumah mereka setelah dievakuasi karena serangan, yang meningkatkan tekanan pada pemerintah untuk bertindak melawan ancaman roket Hizbullah dari Lebanon selatan. Pada hari Selasa, Israel menjadikannya tujuan perang baru untuk memulangkan penduduk Israel utara ke rumah mereka di dekat perbatasan – yang telah lama dipahami sebagai kebutuhan politik.

3. Israel Sudah Mempersiapkan Jangka Panjang Serangan Walkie-Talkie dan Pager



Foto/AP
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More