Bagaimana Sistem Komunikasi Pager Hizbullah Meledak di Lebanon?

Rabu, 18 September 2024 - 19:45 WIB
loading...
Bagaimana Sistem Komunikasi...
Sistem komunikasi pager Hizbullah meledak karena adanya peretasan yang dilakukan Israel. Foto/AP
A A A
BEIRUT - Ratusan pager milik kelompok bersenjata Hizbullah di Lebanon telah meledak secara serentak di seluruh Lebanon.

Sedikitnya sembilan orang tewas dan 2.750 orang terluka, menurut dinas keamanan dan menteri kesehatan Lebanon.

Bagaimana Sistem Komunikasi Pager Hizbullah Meledak di Lebanon?

1. Pager Jadi Alat Komunikasi

Bagaimana Sistem Komunikasi Pager Hizbullah Meledak di Lebanon?

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, pager adalah perangkat komunikasi kecil yang umum digunakan sebelum telepon seluler tersebar luas.

Perangkat tersebut menampilkan pesan teks singkat untuk pengguna, yang diteruskan melalui telepon melalui operator pusat.

Tidak seperti telepon seluler, pager bekerja pada gelombang radio, operator mengirimkan pesan melalui frekuensi radio – bukan internet – yang unik untuk perangkat penerima.

Diperkirakan bahwa teknologi dasar yang digunakan dalam pager serta ketergantungannya pada perangkat keras fisik berarti pager lebih sulit dipantau, sehingga populer di kalangan kelompok seperti Hizbullah yang mengutamakan mobilitas dan keamanan.

2. Ledakan Pager Berlangsung Selama 1 Jam

Bagaimana Sistem Komunikasi Pager Hizbullah Meledak di Lebanon?

Foto/AP

Rangkaian ledakan dimulai sekitar pukul 4:45 sore dan berlangsung selama sekitar satu jam.

Jumlah korban masih dikonfirmasi. Seorang gadis berusia delapan tahun telah dikonfirmasi di antara korban tewas.

Mohammad Mahdi Ammar, putra anggota parlemen Hizbullah Ali Ammar, juga dilaporkan tewas.

Hizbullah mengonfirmasi bahwa dua pejuangnya telah tewas.

Menteri Kesehatan Lebanon Firass Abiad mengatakan kepada Al Jazeera: “Sekitar 2.750 orang terluka, … lebih dari 200 di antaranya kritis” dengan luka yang sebagian besar dilaporkan di wajah, tangan, dan perut.

Duta Besar Iran untuk Lebanon, Mojtaba Amani, juga terluka dalam ledakan tersebut.

3. Serangan Dilaksanakan oleh Israel

Bagaimana Sistem Komunikasi Pager Hizbullah Meledak di Lebanon?

Foto/AP

Banyak orang, termasuk Hizbullah, menunjuk ke Israel.

Israel dan Hizbullah telah terlibat dalam baku tembak yang sebagian besar terjadi di perbatasan Lebanon-Israel sejak 8 Oktober, sehari setelah serangan yang dipimpin Hamas terhadap Israel menewaskan 1.139 orang, menyebabkan sekitar 240 orang ditawan, dan memicu perang Israel di Gaza.

Baru-baru ini, politisi dan media Israel semakin banyak membicarakan aksi militer terhadap Lebanon untuk mengusir Hizbullah dari perbatasan agar sekitar 60.000 warga Israel yang dievakuasi tepat setelah serangan dimulai dapat kembali.

"Kami menganggap musuh Israel sepenuhnya bertanggung jawab atas agresi kriminal ini," kata Hizbullah dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa Israel "tentu akan menerima hukuman yang setimpal atas agresi penuh dosa ini".

Meskipun ada kecaman serupa dari Menteri Informasi Lebanon Ziad Makary, Israel sendiri – sesuai dengan situasi sebelumnya – tetap bungkam.

4. Hamas Memiliki Sistem Teknologi Lebih Canggih

Bagaimana Sistem Komunikasi Pager Hizbullah Meledak di Lebanon?

Foto/AP

Menurut Hamze Attar, analis pertahanan yang berkantor di Luxemburg, “Mereka tidak dapat menggunakan metode yang sama di Gaza karena Hamas sangat peka terhadap dunia maya dibandingkan dengan Hizbullah.

“Mereka sangat mampu dalam hal telekomunikasi,” katanya tentang Hamas, menekankan upaya yang dilakukan kelompok tersebut untuk mengenkripsi komunikasi.

“Mereka tidak menggunakan telepon atau ponsel. Mereka memiliki jaringan dan internet serta komunikasi mereka sendiri dan tidak memerlukan apa pun di atas tanah,” katanya.


5. Sistem Komunikasi Pager Diretas oleh Israel

Bagaimana Sistem Komunikasi Pager Hizbullah Meledak di Lebanon?

Foto/AP

Beberapa spekulasi telah difokuskan pada jaringan radio yang diandalkan oleh pager, yang menunjukkan bahwa jaringan itu mungkin telah diretas, yang menyebabkan sistem memancarkan sinyal yang memicu respons dalam pager yang telah direkayasa.

“Menurut saya yang terjadi [adalah] setiap [anggota] Hizbullah yang berada pada level tertentu diserang,” analis data Ralph Baydoun mengatakan kepada Al Jazeera.

Ia juga menyarankan bahwa Israel tidak perlu mengetahui nama siapa pun yang menerima sinyal rusak tersebut, tetapi dapat mengumpulkan informasi intelijen yang berharga setelah ledakan.

“Jika mereka menyalakan satelit, … mereka akan mengetahui nama dan lokasi semua operator yang diserang … segera saat [mereka meminta] bantuan. Mereka akan mengungkapkan [lokasi] mereka,” spekulasinya.

Analis lain, seperti mantan perwira tentara Inggris dan ahli senjata kimia Hamish de Bretton-Gordon, menyarankan bahwa pager Hizbullah mungkin telah dirusak di sepanjang rantai pasokan dan “dipasang kabel untuk meledak sesuai perintah”.

6. Baterai Litium Pager Meledak karena Terlalu Panas

Bagaimana Sistem Komunikasi Pager Hizbullah Meledak di Lebanon?

Foto/AP

Baiklah, tetapi bagaimana pager bisa meledak? Jika baterai litium pager dipicu menjadi terlalu panas, ini akan memicu proses yang disebut thermal runaway.

Pada dasarnya, reaksi berantai kimia akan terjadi, yang menyebabkan peningkatan suhu dan akhirnya ledakan hebat pada baterai.

Namun, memicu reaksi berantai itu dalam beberapa perangkat yang tidak pernah terhubung ke internet bukanlah hal yang mudah.

“Anda harus memiliki bug di pager itu sendiri [sehingga] akan menjadi terlalu panas sebagai akibat dari keadaan tertentu,” kata Baydoun, berspekulasi bahwa keadaan tersebut kemungkinan besar akan menjadi pemicu yang dimasukkan ke dalam pager melalui kode yang direkayasa.
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)