Mampukah Ukraina Bertahan pada 2024 untuk Menang pada 2025?

Senin, 02 September 2024 - 14:10 WIB
Namun, jelas bahwa Ukraina sedang dalam posisi yang kurang menguntungkan.

2. Fokus pada Pertahanan



Foto/AP

Setelah berminggu-minggu pertempuran berdarah, Rusia akhirnya merebut kota benteng Avdiivka bulan ini. Tanpa jeda, militernya melanjutkan serangan ke titik kuat dan pusat logistik Ukraina lainnya: Robotyne di wilayah Zaporizhzia, Kupiansk di Kharkiv, dan Chasiv Yar di wilayah Donetsk.

"Faktor kritisnya adalah kemampuan Ukraina untuk membangun posisi pertahanan yang menguntungkan," kata seorang perwira Jerman yang memantau konflik tersebut kepada POLITICO dengan syarat anonim.

Rusia mampu maju karena tidak terlalu peduli dengan nyawa pasukannya. Militer Ukraina memperkirakan bahwa perebutan Avdiivka menyebabkan Rusia kehilangan 47.000 tentara, sementara Andrey Morozov, seorang blogger pro-militer Rusia yang kemudian bunuh diri, menulis bahwa tentara kehilangan 16.000 orang. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memperkirakan Rusia kehilangan tujuh orang untuk setiap orang Ukraina yang tewas.

Selain mengabaikan kerugiannya sendiri, Rusia mampu mengalahkan pertahanan Ukraina dengan keunggulan artilerinya.

Perkiraan produksi dan perolehan peluru tahunan Rusia berkisar antara 1 juta hingga 4,5 juta. "Volume ini jauh melebihi jumlah amunisi artileri yang tersedia untuk Ukraina," catat sebuah studi Kementerian Pertahanan Estonia.

3. Didukung Penuh Barat



Foto/AP
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More