Bakal Pimpin Misa Suci di GBK, Ini 10 Fakta Unik Paus Fransiskus

Minggu, 01 September 2024 - 14:27 WIB

7. Menyelinap Keluar dari Vatikan



Paus, yang tidak menyadari status gerejawinya, dikenal kerap menyelinap keluar dari Vatikan dari waktu ke waktu.

Suatu kali, dia meninggalkan Vatikan untuk mengunjungi seorang ahli kacamata secara pribadi. Seperti yang diharapkan, dia menarik banyak orang ke area tersebut yang ingin berfoto dengannya.

Selain itu, selama pandemi Covid-19 pada 2022, dia menyelinap keluar dari Vatikan untuk mengunjungi sebuah toko kaset membeli Bach dan Mozart yang memperlihatkan selera musiknya.

8. Menjungkirbalikkan Tradisi dalam Hal Wanita



Meskipun Paus Fransiskus menekankan perbedaan antara pria dan wanita, dia tidak pernah gagal untuk mempromosikan kesetaraan gender.

Kecuali untuk sakramen imamat, Paus membantu memberdayakan wanita dengan mengangkat mereka ke peran manajerial di Vatikan.

Sekarang ada 1.165 wanita dibandingkan dengan 320 sepuluh tahun yang lalu. Dia pernah mengangkat tiga wanita ke Dikasteri Vatikan untuk Uskup sementara dua lainnya ke Komisi Kepausan untuk Arkeologi Suci dan Dikasteri untuk Kebudayaan dan Pendidikan.

Yang paling penting adalah bahwa dalam Konstitusi Apostolik baru tentang Kuria Roma, berjudul "Praedicate evangelium", yang diumumkan Paus Fransiskus pada Hari Raya Santo Yosef tahun 2022, dia telah mengizinkan wanita, bahkan wanita awam, untuk menjadi kepala Dikasteri.

9. Izinkan Anak-anak Mendekatinya

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More