Siapa yang Menang Jika AS-China Perang Nuklir? Ini Analisanya

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 08:15 WIB
Itu terkait dengan alasan kedua: evolusi persenjataan. Kebanyakan orang, tidak masuk akal, menganggap senjata konvensional kurang eskalatif dan dengan demikian lebih dapat digunakan daripada senjata nuklir.

Namun, senjata nuklir berdaya ledak rendah saat ini—20 kiloton daya ledak, kira-kira seukuran bom yang dijatuhkan di Hiroshima—dapat diluncurkan dengan presisi ekstrem dan kerusakan kolateral yang lebih sedikit.

“Garis antara senjata nuklir taktis berdaya ledak rendah dan senjata konvensional berpemandu presisi dalam hal efek operasional dan dampak yang dirasakan semakin kabur,” kata CNAS, dalam laporan analisanya, seperti dikutip dari The Economist, Jumat (23/8/2024).

Faktor ketiga adalah dampak perang yang panjang. Setelah berminggu-minggu berkonflik, kedua belah pihak akan kehabisan senjata konvensional.

Senjata nuklir teater akan menjadi lebih menarik. “Berdasarkan per senjata”, catat para analis, “senjata nuklir lebih efisien dalam menghancurkan target di area yang luas.”

Kekuatannya yang luar biasa berarti bahwa senjata itu juga akan terus berfungsi bahkan jika perang selama berminggu-minggu telah menurunkan sistem komando, kontrol, dan intelijen yang diandalkan oleh amunisi konvensional.

Hasil dari semua ini, dalam permainan perang, adalah perang nuklir yang aneh: China diberi insentif untuk menggunakan senjata nuklir terlebih dahulu, meskipun secara formal telah berjanji untuk tidak menggunakan senjata nuklir terlebih dahulu, tetapi setelah melakukannya, dan bertentangan dengan harapan tentang bagaimana perang AS-Soviet akan terjadi di Eropa, keadaan tidak serta-merta berubah menjadi pertukaran senjata nuklir strategis yang apokaliptik.

Dalam dunia ahli strategi nuklir, itulah yang dianggap sebagai kabar baik.

Latihan tersebut menunjukkan bahwa China memiliki lebih banyak alasan untuk bersorak.

Para pakar dan pejabat yang berperan sebagai China memiliki berbagai macam target militer—Asia penuh dengan fasilitas dan aset Angkatan Laut Amerika (meskipun hanya ada sedikit bukti bahwa China memiliki senjata nuklir berdaya ledak rendah saat ini).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More