Sudah 20 Hari Sejak Kematian Haniyeh, Iran Belum juga Menyerang Israel, Ada Apa?

Senin, 19 Agustus 2024 - 16:23 WIB

4. AS Sudah Menyiagakan Armada secara Penuh di Timur Tengah



Foto/AP

Faktor lain yang mungkin memengaruhi pengambilan keputusan Iran adalah Amerika Serikat meningkatkan kehadiran militernya di kawasan itu lebih dari yang dilakukannya pada bulan April menjelang serangan pesawat nirawak dan rudal Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel.

"Kami melihat respons yang lebih besar [dari Amerika Serikat] daripada pada bulan April, yang mungkin dimaksudkan untuk menyamai cakupan ancaman, karena Iran dapat melakukan respons yang lebih besar daripada yang dilakukan pada bulan April," kata Horowitz.

"Pesan [dari Amerika Serikat] dalam pengiriman aset pertahanan -- tetapi juga aset ofensif yang berpotensi -- adalah pencegahan dan mungkin satu-satunya jenis pesan yang benar-benar penting pada tahap ini."

5. Jangan-jangan Upaya Diplomasi Sudah Berhasil



Foto/AP

Teheran telah menolak seruan negara-negara Barat untuk menahan diri, bersikeras bahwa mereka memiliki hak yang sah untuk menanggapi pembunuhan Haniyeh oleh Israel di wilayah Iran.

Namun, serangkaian panggilan telepon yang dilakukan kepada Presiden baru Masud Pezeshkian dan penjabat Menteri Luar Negeri Ali Baqeri-Kani telah menimbulkan spekulasi bahwa upaya diplomasi telah membantu menunda serangan dan berpotensi mencegahnya.

"Saya skeptis bahwa diplomasi, dengan sendirinya, cukup untuk benar-benar mengubah kalkulasi Iran," kata Horowitz. "Iran akan melakukan apa yang menurutnya menjadi kepentingan terbaiknya, terlepas dari seruan dan pernyataan yang mendesak untuk menahan diri."
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More