Sudah 20 Hari Sejak Kematian Haniyeh, Iran Belum juga Menyerang Israel, Ada Apa?

Senin, 19 Agustus 2024 - 16:23 WIB
Tetapi Iran telah menyarankan jenis diplomasi yang berbeda dapat meyakinkannya untuk setidaknya "menunda" serangan yang dijanjikannya: gencatan senjata permanen di Gaza antara Israel dan Hamas.

6. Mencari Jalan Keluar Lain



Foto/AP

Farzan Sabet, peneliti di Geneva Graduate Institute, berspekulasi Iran "mungkin mencari jalan keluar" untuk membenarkan respons yang lebih lunak, dan semacam gencatan senjata Gaza bisa jadi merupakan "kemenangan diplomatik" yang dibutuhkannya untuk melakukan itu.

Zimmt mengatakan gencatan senjata Gaza mungkin tidak penting bagi Iran, tetapi itu memberi Teheran "alasan atau penjelasan untuk melegitimasi penundaan ini, baik secara internal maupun sebagian besar eksternal."

Ia mengatakan gencatan senjata dapat menyebabkan Iran mengurangi skala serangannya atau memilih metode pembalasan yang berbeda sama sekali yang tidak melibatkan serangan langsung ke Israel.

7. Tidak Memiliki Pilihan yang Baik



Foto/AP

Masih menjadi misteri kapan dan bagaimana Iran akan menanggapi, tetapi seperti keadaan saat ini, Teheran tampaknya tidak memiliki pilihan yang baik.

"Para pengambil keputusan di Teheran mungkin bimbang dalam menemukan opsi 'Goldilocks'," kata Sabet.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More